Beranda News Startup Tips Pilih Platform Belajar Online Terbaik di Era New Normal

Tips Pilih Platform Belajar Online Terbaik di Era New Normal

-

Jakarta, Selular.ID – Sudah lima bulan pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan jaga jarak. Namun pandemi virus corona belum juga menampakkan tanda-tanda akan berakhir. Sekarang, semua sektor bersiap menjalani tatanan kehidupan baru, tidak terkecuali dunia pendidikan.

Kita harus mulai beradaptasi dengan cara belajar di era new normal. Yang biasanya mempertemukan guru dengan murid di sekolah, kini tidak lagi. Para pelaku dunia pendidikan wajib mencari solusi terkait bagaimana proses belajar mengajar agar bisa tetap dilangsungkan, tanpa mengabaikan peran guru sebagai pengajar.

Maka dari itu dibutuhkan platform atau media untuk memfasilitasi para guru agar tetap bisa menunaikan tugasnya sebagai pengajar. Dan siswa, menunaikan kewajibannya untuk belajar, dari rumah.

Perlu dicatat, sebuah platform pembelajaran jarak jauh bukan berfungsi untuk menggantikan peran guru, orang tua dan sekolah itu sendiri, melainkan sebagai perangkat dalam mendukung ekosistem pembelajaran di era New Normal. Jadi meskipun belajar dari rumah, siswa harus tetap bisa belajar dengan guru-gurunya, belajar sesuai dengan kurikulum dan standar sekolahnya masing-masing.

Lalu platform apa yang ideal?

Di era digital, kini banyak aplikasi pembelajaran online. Memilih satu mungkin bukan perkara mudah. Berikut tips untuk memilih aplikasi belajar online ideal.

1. Bisa diakses dimana saja dan kapan saja

Namanya aplikasi belajar online, artinya itu harus bisa diakses dimana pun dan kapan pun. Tentu saja selama memiliki gadget yang tetap terhubung dengan internet. Hal ini dikarenakan internet bisa menjangkau semua orang dari berbagai tempat, dari pelosok desa hingga luar negeri.

2. Tidak terbatas pada satu media

Bisa diakses dimana pun dan kapan pun tentu tidak akan cukup jika terbatas hanya pada satu media saja. Katakan saja Laptop, atau Komputer. Karena itu, pastikan bahwa materi pembelajaran yang ada di aplikasi itu bisa diakses dari perangkat apapun, mulai dari komputer, tablet PC, hingga smartphone.

3. Pastikan aplikasi tersebut menggunakan Kurikulum terkini

Sekolah merupakan salah satu tempat terbaik yang tentu saja akan ditempati semua orang sesuai periode hidupnya masing-masing, mulai dari SD hingga SMA. Karena itu, berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah pun tak dimungkiri dapat memberi pengaruh dan pengembangan untuk diri, utamanya terkait apakah itu dapat memberi kemajuan sehingga menghasilkan prestasi atau tidak.

Nah, aplikasi belajar online datang untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah setiap harinya. Karenanya mendapatkan satu yang sesuai dengan apa yang dipelajari di sekolah atau dengan kata lain sesuai dengan kurikulum terkini (Kurikulum 2013) pun menjadi sangat penting. Tentu saja, disamping mencakup semua lini pendidikan mulai dari SD hingga SMA.

4. Orientasi pada proses belajar yang menyenangkan

Salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan tak sekedar menjelaskan dan mendengarkan. Lebih dari itu, diperlukan sumber belajar lain yang memiliki nilai strategis dan baik, sehingga mampu membantu siswa untuk dapat menguasai makna dalam materi yang disampaikan dengan mudah.

Nah, salah satu cara untuk melakukan itu adalah dengan tak sekedar menghadirkan sumber belajar berupa teks, tetapi juga gambar ataupun video.

5. Bisa diakses baik oleh siswa, guru, sekolah serta orang tua

Saat memilih aplikasi belajar online untuk anak, pilihlah aplikasi yang memungkinkan Anda bisa ikut mengaksesnya. Jadi jangan cuma sebatas siswa dan guru, atau siswa dan sekolah, tetapi semuanya. Dengan cara ini, proses belajar anak bisa lebih terpantau.

Kelas Pintar

Memenuhi kelima kriteria di atas, Kelas Pintar merupakan platform belajar online ideal di era New Normal. Atau paling tidak bisa membantu sekolah dan ekosistem yang ada di dalamnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dimasa New Normal sekarang ini.

Platform ini menawarkan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa diakses setiap hari. Siswa bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

Secara sederhana, platform ini menawarkan literasi yang lengkap. Semua materi dan jumlah mata pelajaran sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Dan menariknya, materi pelajaran tersebut juga tidak hanya disediakan dalam bentuk buku elektronik, tapi juga disajikan dalam format presentasi, audio, dan video.

Dan karena platform ini memang khusus dikembangkan untuk pendidikan, di dalamnya terdapat metode pembelajaran yang sistematis. Mereka menyebutnya metode LPT atau Learning, Practice dan Test. Dengan metode ini, proses belajar siswa dimulai dengan mempelajari materi, lalu dilanjutkan dengan berlatih soal, dan kemudian mengikuti test. Outputnya adalah siswa akan mendapatkan nilai, dan nilai tersebut akan tercantum di dalam rapor.

Menariknya, sistem pembelajaran mandiri yang dikembangkan oleh Kelas Pintar ini juga dilengkapi fungsi yang memungkinkan ekosistem pendidikan di sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan fitur yang punya nama sama yaitu “sekolah”. Lewat fitur ini, siswa bisa belajar dari guru-nya di sekolah dengan pengalaman belajar layaknya di sekolah, demikian juga dengan guru.

Sederhananya, platform ini memungkinkan proses pembelajaran di sekolah berlangsung seperti biasa. Disini guru bisa mengajar di kelas dan berinteraksi dengan muridnya, murid bisa bertatap muka dengan guru dan murid lainnya, guru bisa memonitor murid-muridnya, memberikan catatan melalui whiteboard, menggelar ujian dan me-rekap hasil ujian, sampai memberikan rapor.

Hampir semua aktifitas yang biasa dilakukan di sekolah, bisa dilakukan melalui platform ini secara online. Secara umum, platform ini cocok untuk model pembelajaran jarak jauh dimana siswa belajar dari rumah, dan guru mengajar dari sekolah.

Selain menawarkan literasi lengkap dan sistem pembelajaran, platform ini juga dilengkapi fitur TANYA untuk membantu siswa saat mengalami kesulitan dalam menjawab soal. Fitur TANYA bisa digunakan oleh semua pengguna secara GRATIS.

Ada juga produk SOAL yang khusus didedikasikan untuk membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian. Cocoklah, untuk belajar di era new normal.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Most Innovative Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Inovasi menjadi kunci bagi vendor untuk bisa bersaing di industri smartphone....

Selular Editor’s Choice 2020: Best Tablet  

Jakarta, Selular.ID – Perangkat tablet secara fungsi memang tidak tergantikan, terlebih di era pandemi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp2-3...

Jakarta, Selular.ID - Jajaran produk yang memiliki berbagai spesifikasi unggul ini memberikan beragam pilihan...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

Jakarta, Selular.ID – Pasar wearable device kian menggeliat di tanah air. Sejak tahun lalu...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait