Beranda Review Smartphone & Gadget Terlengkap realme C15 vs Vivo Y15: Duel Smartphone Entry-level Rp2 Jutaan

realme C15 vs Vivo Y15: Duel Smartphone Entry-level Rp2 Jutaan

-

Jakarta, Selular.ID – Pangsa smartphone Indonesia ramai dengan berbagai segmen harga. Salah satunya, realme yang terbilang gencar menghadirkan smartphone baru di beragam rentang harga. Varian terbaru misalnya, realme C15 yang berada di segmen entry-level Rp2 jutaan.

Perangkat pintar itu hadir sebagai pendobrak smartphone entry-level. Bisa dikatakan senada dengan Vivo Y15 yang juga berada di segmen harga Rp2 jutaan. Berada di tengah situasi seperti itu, realme berusaha mengemas realme C15 dengan beberapa spesifikasi serta fitur esensial yang melekat dengan kebutuhan saat ini.

Lantas bagaimana perbedaan realme C15 vs Vivo Y15?

realme C15 vs Vivo Y15

Realme C15 Vs Vivo Y15

Highlight

Hampir seluruh smartphone mendukung kebutuhan pengguna, terutama untuk aktivitas harian. realme C15 hadir dengan membawa mega baterai 6000mAh serta 18W Quick Charge untuk mendukung waktu penggunaan smartphone menjadi lebih lama.

Perangkat C Series itu juga menawarkan desain smartphone masa kini, menjadikannya smartphone dengan desain cukup stylish. Tak hanya itu, realme C15 juga dibekali dengan Quad Camera, pertama kalinya di C Series.

Sementara, Vivo Y15 membawa baterai yang tak kalah besar, AI Triple Camera, serta Ultra All Screen untuk menemani aktivitas harian pengguna.

1. Baterai realme C15 Lebih Besar

Baterai smartphone sangat berpengaruh terhadap pemakaian. Semakin besar, akan menunjang waktu penggunaan yang lebih panjang.

realme C15 hadir dengan Mega Baterai senilai 6000mAh, yang diklaim dapat menawarkan kinerja Non Stop, tanpa henti.

Sementara, berbeda sedikit dari realme, Vivo menyertakan baterai senilai 5000 mAh pada Vivo Y15 untuk menopang seluruh aktivitas smartphone.

2. 18W Quick Charge dalam Box realme C15

Mayoritas vendor smartphone menjual secara terpisah pengisian cepat mereka. Namun, berbeda halnya dengan realme yang memilih untuk menyertakan 18W Quick Charge dalam satu box penjualan realme C15. Ini juga menjadi kali pertama bagi jajaran realme C Series.

Sayangnya, Vivo Y15 hanya dibekali dengan adaptor pengisi daya biasa, yang mampu menyalurkan daya 10W (5V.2A).

3. Jelly Case dalam Box Vivo Y15

Dalam satu box penjualan, biasanya dilengkapi dengan jelly case sebagai pelindung tambahan bagi smartphone. Vivo Y15 sudah membawa hal itu, menjadikan bodi Vivo Y15 dapat terlindungi dengan baik, terutama dari bekas sidik jari.

Sementara, realme C15 tidak membawa jelly case di dalam box. Pengguna harus membelinya secara terpisah. Namun, di sisi lain, bodi realme C15 mengadopsi desain bertektur yang tak perlu risau soal bekas sidik jari dan tidak licin ketika digenggam. Hal lainnya, realme sudah memasangkan lapisan anti-gores pada layarnya yang sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass generasi ke-3.

4. realme C15 Bawa Quad Camera

Kamera menjadi salah satu spesifikasi penting bagi sebuah smartphone. Terutama, kalian yang gemar dalam fotografi. realme C15 menjadi C Series pertama yang membawa konfigurasi empat kamera sekaligus. Itu tersusun atas 13 megapiksel kamera utama, 8 megapiksel ultrawide, dan dua lensa efek berupa B&W dan Retro yang masing-masing memiliki resolusi 2 megapiksel.

Sementara, Vivo Y15 hanya membawa konfigurasi tiga kamera yang tersusun atas 13 megapiksel kamera utama, 8 megapiksel lensa ultrawide dan 2 megapiksel depth sensor.

Menariknya, perbedaan jumlah kamera kedua smartphone juga berpengaruh pada desain serta susunannya tersendiri. realme C15 sudah mengadopsi desain kekinian, serupa smartphone kelas atas. Untuk kamera Vivo Y15, masih tersusun secara vertikal seperti kebanyakan smartphone lainnya.

Baca juga: Review realme C15: Smartphone Penyokong Aktivitas Harian

5. Layar realme C15 Lebih Besar

Sama-sama mengusung poni pada layar, realme dan Vivo memilih ukuran layar yang berbeda. Vivo Y15 yang hadir lebih dulu menampilkan panel IPS berukuran 6,3 inci.

Sedangkan, realme C15 membawa layar yang lebih besar, seluas 6,5 inci dengan desain mini drop yang diklaim lebih kecil 30% dari pendahulunya.

6. Kamera Depan Vivo Y15 Lebih Besar

Realme C15 Vs Vivo Y15

Resolusi kamera yang tinggi menjadi salah satu tolak ukur dari kualitas kamera, meski tidak sepenuhnya menentukan hal itu.

Selangkah didepan, Vivo Y15 membawa lensa kamera depan sebesar 16 megapiksel, untuk mendukung kebutuhan selfie pengguna. Sementara, berbeda sedikit dari Vivo, realme C15 membawa kamera selfie 8 megapiksel.

7. Prosesor realme C15 Terbaru

Prosesor sangat menentukan perfoma dari sebuah smartphone. Itu juga sekaligus menentukan posisi smartphone, misalnya cocok untuk gaming atau sebagai perangkat harian.

Menariknya, realme dan Vivo memilih prosesor dengan konsep berbeda. realme C15 mengandalkan prosesor gaming terbaru dan terbaik dikelasnya, Helio G35. Sedangkan Vivo Y15 mengusung prosesor Helio P22, dengan mengedepankan performa.

8. Varian RAM realme C15 Lebih Beragam

realme C15 tiba di Indonesia dengan membawa tiga varian RAM. Pengguna diberikan kebebasan untuk memilih RAM mulai dari 3GB/64GB, 4GB/64GB/ dan 4GB/128GB. realme juga menyediakan slot tersendiri untuk menambah memori dengan kartu MicroSD hingga 256GB.

Berbeda dari realme, Vivo justru secara spesifik hanya merilis satu opsi RAM, yaitu sebesar 4GB/64GB.

9. Harga realme C15 Lebih Terjangkau

realme dan Vivo sama-sama menghadirkan smartphone entry-level. Namun, kedua vendor smartphone itu menawarkan harga yang berbeda.

Misalnya realme, yang memilih untuk menghadirkan tiga opsi RAM untuk realme C15 yang juga dengan tiga opsi harga. Dimulai dari RAM 3GB/64GB yang dijual Rp1.899 juta, 4GB/64GB seharga Rp2.099 juta dan 4GB/128GB seharga Rp2.499 juta.

Di sisi lain, Vivo Y15 dijual Rp2.499 dengan RAM 4GB/64GB, yang setara dengan harga realme C15 yang membawa RAM 4/128GB.

Baca juga: Dijual Mulai Rp1 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkap Realme C15

10. Sistem Operasi realme C15 Lebih Baru

Dirilis lebih dulu, Vivo Y15 masih menjalankan Android 9 berlapis FunTouch OS sebagai tampilan antarmuka dari smartphone. Meski begitu, perangkat sudah mendukung fitur setara Android 10, yakni mode gelap.

Sementara, realme C15 yang baru saja diluncurkan pada selasa (28/7) lalu, sudah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan fitur-fitur update yang berlapis sistem antarmuka realme UI.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil realme C15 vs Vivo Y15, dua smartphone di segmen harga 2 jutaan ini menawarkan spesifikasi yang berbeda dengan golongan chipset berbeda jenis. realme C15 unggul di sektor baterai, bukan hanya besar namun dilengkapi degan 18W Quick Charge. Bahkan di varian memori terendahnya, 3GB+64GB dengan harga dibawah 2 juta sudah dilengkapi dengan 18W Quick Charge dalam box. Di sisi sebelah, Vivo Y15 unggul dalam hal besaran kamera selfie, AI Beauty dan jelly case dalam box.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Most Innovative Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Inovasi menjadi kunci bagi vendor untuk bisa bersaing di industri smartphone....

Selular Editor’s Choice 2020: Best Tablet  

Jakarta, Selular.ID – Perangkat tablet secara fungsi memang tidak tergantikan, terlebih di era pandemi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp2-3...

Jakarta, Selular.ID - Jajaran produk yang memiliki berbagai spesifikasi unggul ini memberikan beragam pilihan...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartband

Jakarta, Selular.ID – Pasar wearable device kian menggeliat di tanah air. Sejak tahun lalu...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait