Beranda Tips Tips Memilih Monitor untuk Menunjang Produktivitas Kerja

Tips Memilih Monitor untuk Menunjang Produktivitas Kerja

-

Jakarta, Selular.ID – Memilih monitor yang tepat bagi mereka yang bekerja dari rumah diyakini dapat meningkatkan produktivitas serta menjauhi postur badan yang tidak benar akibat penggunaan perangkat yang tidak benar.

Martin Wibisono, director, S&P, South Asia dan Asia Emerging Markets, Dell Technologies, membagikan tips untuk memilih monitor yang tepat.

Simak tips dari Dell Technologies berikut ini:

Ukuran Layar dan Resolusi

Langkah penting pertama – tentukan ukuran layar dan resolusi yang tepat. Bidang layar yang lebih luas untuk melihat dan melakukan lebih banyak hal terbukti dapat meningkatkan produktivitas.

Ukuran layar dan resolusi saling berkaitan erat. Dengan piksel yang lebih banyak di setiap inci monitor, pengguna akan mendapatkan gambar yang lebih realistis dan tajam.

Resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan untuk monitor yang lebih besar. Layar QHD 27 inci (2560 x 1440), layar 4K 32 inci (3840 x 2160) dan layar WQHD 34 inci (3440 x 1440) adalah yang direkomendasikan.

Ergonomis dan Kesejahteraan

Menurut riset dari Forrester, sebanyak 92% karyawan percaya monitor yang dioptimalkan secara ergonomis penting untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Memicingkan mata ke layar atau membungkuk ke arah monitor dapat menyebabkan postur badan yang buruk, masalah punggung, dan mata lelah.

Untuk membantu mengatasi masalah-masalah tersebut, sangat penting untuk memilih monitor serbaguna yang ketinggian dan kemiringannya bisa diatur untuk memastikan postur badan yang tepat dan jarak pandang yang sejajar.

Konektivitas

Selanjutnya, pertimbangkan apa saja perangkat yang akan dihubungkan ke monitor baru Anda dan pastikan kompatibilitas semua port laptop Anda. Port umum yang terdapat di laptop saat ini termasuk HDMI, USB-C, dan Thunderbolt 3.

Anda dapat mengurangi kabel yang berantakan dan pengaturan meja kerja yang rapi dengan monitor USB-C, yang memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai laptop dan mentransfer data, sinyal audio, dan video hanya dari satu kabel.

Efisiensi Energi

Monitor yang memiliki sertifikasi konsumsi daya rendah seperti Energy Star atau EPEAT bisa menghemat tagihan utilitas tahunan hingga USD52 atau setara dengan Rp754.000.

Monitor canggih juga menawarkan berbagai fitur yang dapat mengurangi konsumsi daya dengan mematikan monitor atau sleep mode setelah tidak aktif beberapa saat.

Warna

Cakupan, akurasi, dan kalibrasi warna adalah faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat membeli monitor untuk pekerjaan di bidang kreatif, seperti fotografi dan videografi.

Untuk pekerjaan yang mengutamakan warna, pilihlah monitor yang tidak hanya menyediakan gamut warna yang lebih luas tetapi juga akurasi warna yang sebenarnya.

Kolaborasi

Monitor dengan kamera, mikrofon, dan speaker internal semakin populer seiring dengan meningkatnya frekuensi telekonferensi video. Jika pekerjaan Anda melibatkan telekonferensi video hampir sepanjang hari, carilah monitor yang menyertakan fitur-fitur kolaboratif ini.

Buyer's Guide

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Oppo Obral Produk Andalan...

Jakarta, Selular.ID - Di penghujung tahun 2020, konsumen bisa memboyong produk Oppo dengan potongan...

Dijual Harga Sama, Realme C15 Holiday Edition Usung Prosesor...

Jakarta, Selular.ID - Sambut liburan akhir tahun, Realme memberi kejutan dengan meluncurkan Realme C15...

7 Smartphone Oppo dengan Fast Charging Hingga 65 Watt

Jakarta, Selular.ID - Fast charging menjadi salah satu fitur yang dicari konsumen saat hendak...

Smartphone Oppo dengan Triple Camera, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Oppo termasuk vendor smartphone yang cukup aktif meramaikan pasar Indonesia, misalnya...

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait