Tuesday, October 20, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review realme C11: Juaranya Entry-Level dengan Baterai Besar, Layar Besar di Harga...

Review realme C11: Juaranya Entry-Level dengan Baterai Besar, Layar Besar di Harga Rp 1,5 Jutaan

-

Jakarta, Selular.ID – Usai menghadirkan seri flagship realme X3 SuperZoom, realme kini memperkenalkan seri terjangkaunya di C series. Varian terbaru realme C11 mulai edar di nusantara hari ini, 30 Juni 2020.

Di keluarga C series, realme C11 merupakan penerus realme C2, salah satu smartphone terlaris tahun 2019. Di kancah global, realme C series telah digunakan oleh lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia.

Membawa DNA yang sama, C11 kembali hadir sebagai smartphone dengan trendsetting technology dan trendsetting design, menawarkan kemampuan cadas, desain futuristik, dan yang terpenting, banderol harga yang disukai oleh banyak orang.

Dengan label harga Rp1,5 jutaan, pengguna sudah bisa memiliki perangkat dengan baterai cadas dan fitur-fitur seru tanpa batas. Mulai dari baterai besar 5000mAh dengan reverse charging, layar 6,5 inci, 13MP AI dual camera lengkap dengan Night Mode, desain geometric, tiga slot kartu, prosesor Helio G35, dan tentunya realme UI dengan Mode Gelap terintegrasi.

Dengan segudang fitur dan harga bersahabat itu, kami menyebut realme C11 sebagai Juaranya Entry-Level. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan Selular.ID mengenai smartphone terbaru realme C11.

Patut diketahui, jika kalian memesan perangkat pada hari peluncuran, Anda termasuk golongan pertama di dunia yang menjadi pemilik smartphone realme C11, karena Indonesia merupakan negara pertama yang dituju realme C11.

Desain

realme C11 hadir dalam dua varian warna dan dua konfigurasi: Mint Green dan Pepper Grey serta RAM 2/32 dan 3/32. Perangkat yang kami ulas adalah warna Mint Green alias hijau dengan konfigurasi RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB.

Dari segi desain, realme C11 jelas lebih besar dibandingkan C2. Keuntungannya, kini Anda mempunyai layar yang lebih lega 6,5 inci 20:9 (realme C2 6,1 inci) dan baterai lebih besar, 5.000mAh (realme C2 4.000mAh).

Layar 6,5 inci ditemani desain Mini-drop untuk bidang pandang yang lebih luas ketika menonton video atau bermain game.

Bidang pandang yang lebih luas memberikan pengalaman terbaik untuk game, audio dan video sembari meminimalisir gangguan visual sekaligus memberikan Anda pengalaman layar yang mendekati fullscreen.

Ditambah aksen Mini-drop fullscreen dengan 88.7% rasio screen-to-body, memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual ketika menikmati kenyamanan layar penuh selulas 6,5 inci.

Kemudian di panel belakang, desain geometrik baru yang nyaman digenggam tampil dengan aksen modul kamera layaknya smartphone kelas atas yang sedang tren saat ini.

Bagian belakang realme C11 memiliki tekstur yang diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi. Penggunaan teknologi ini membuat realme C11 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan paling penting minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Di bagian belakang terdapat aksen seperti sebuah pita yang terbentang dari letak modul kamera diatas ke bawah, letak ukiran logo realme yang tebal untuk membuat desain lebih ikonik dan indah. Modul camera juga dirancang berbentuk kotak seperti yang sedang tren belakangan ini.

Dua lensa, sebuah lampu senter dan spek kamera terletak secara apik di pinggir dan sudut, membuat bagian belakang terlihat lebih premium dan lebih trendi. Sebuah penyegaran desain dari bagian belakang realme sebelum-sebelumnya.

Triple Slot

Tidak usah risau untuk mengaktifkan dua kartu SIM dan menyelipkan satu kartu microSD sekaligus, karena realme C11 sudah dibekali tiga slot kartu yang dedicated. realme C11 bisa membaca memory tambahan hingga 256GB.

Laci SIM Card dan microSD berada di satu wadah di sisi kiri ponsel sementara di sayap seberang dihiasi tombol Power dan Volume rocker.

Untuk keperluan charge, port mini USB terletak di bagian bawah bersama jack audio 3,5mm dan speaker stereo serta mikrofon.

13MP AI Dual Camera

Pengguna bisa memotret bokeh dengan cemerlang dan foto malam dengan cerah. Karena realme C11 juga dilengkapi kemampuan lebih baik dari model sebelumnya, contohnya Nightscape, fitur terbaik yang biasanya ada di kelas segmen menengah ke atas. Menjadikan realme C11 sebagai smartphone entry-level pertama yang memiliki fitur Nightscape.

realme C11 dibekali dua kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 13MP dengan sensor dan aperture besar f/2.2 yang cukup untuk menangkap cahaya dan membuat foto Anda lebih jelas dan terang.

Selain itu, realme C11 juga mendukung PDAF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Fitur 4x zoom juga memungkinkan pengguna mengambil foto yang jelas walau dari jarak jauh.

Dua kamera belakang sudah mendukung efek bokeh tingkat perangkat keras (hardware-level bokeh effect), menjadikan foto lebih alami dan subjek lebih menonjol, baik itu tanaman, hewan atau manusia.

Mode Nightscape menjadikan realme C11 sebagai smartphone dengan fitur mode malam terbaik di segmennya. Algoritma dari Mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam exposure berbeda lalu menggabungkannya menjadi sebuah foto dengan memilih bagian terbaik dari setiap foto. Sebagai hasil dari Mode Nightscape, foto malam hari akan menjadi lebih terang dan jernih.

Sementara kamera depannya berkekuatan 5MP, lengkap dengan mode AI Beauty, HDR, Panoramic View, dan Timelapse. Sedangkan untuk video, ponsel ini bisa merekam video beresolusi 720p,1080p di kecepatan 30 fps.

Kinerja

realme C11 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang merupakan prosesor terbaik untuk bermain game mobile di segmen ini.

Ini adalah sebuah prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan. Dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya, skor benchmark realme C11 lebih tinggi.

realme C11 akan tersedia dengan dua varian: 2GB+32Gb dan 3GB+32GB yang ditenagai oleh LPDDR4X RAM. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%.

Baterai

Baterai lebih besar dengan daya tahan lebih lama untuk skenario bermain game, menonton video, memainkan musik bahkan waktu siaga terpanjang. Di realme C11 kapasitas baterai sangat besar 5,000mAh sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa henti, kapanpun Anda mau.

Menurut hasil tes di realme Lab, realme C11 sanggup bertahan hingga 40 hari dalam mode siaga (standby), bahkan jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship. Mendukung OTG reverse charging, realme C11 juga dapat menjadi penghemat baterai Anda.

Hasil tes daya tahan baterai, realme C11 bisa menerima panggilan telepon selama hampir 32 jam, memutar video secara offline selama hampir 22 jam, bermain PUBG 10 jam, dan memutar musik secara offline selama 170 jam dan menonton YouTube 19 jam.

realme UI

realme C11 sudah didukung antarmuka realme UI berbasis Android 10. Sangat terlihat jelas, realme UI terbaru ini memang dirancang untuk pengguna muda dengan tampilan yang enerjik dan fresh. Ketika kami mencoba, realme UI bekerja secara mulus dan menyenangkan ketika digunakan.

Desain untuk masa depan. Sederhana tapi tidak membosankan, terinspirasi oleh gaya hidup sehari-hari dari generasi muda. Untuk mencapai real design dalam efek visual, realme UI dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Dalam fitur, realme UI dilengkapi dengan Mode Gelap (Dark Mode) bawaan. Mode ini dioptimalkan untuk dapat bekerja di lebih banyak aplikasi pihak ketiga, latar belakang laci aplikasi yang bergeser dari terang ke gelap ketika Mode Gelap diaktifkan. Mode ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur secara otomatis menyala saat matahari terbenam dan non-aktif saat matahari terbit.

Fitur Unik

realme C11 dibekali banyak fitur berfaedah dan unik. Salah satunya adalah Mode Ganda untuk Berbagi Musik atau Dual Mode Music Share. Mode ini sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Pengguna bisa menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga dua pengguna sekaligus dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama.

Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth dan pengguna lainnya mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Selain dual mode music share, realme C11 juga mendukung Mode Fokus yang akan membantu pengguna berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari ponsel Anda.

Menyalakan “Mode Fokus” dapat membantu pengguna mengisolasi diri dari dunia luar. Sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk. Anda dapat memilih salah satu dari empat nada bawaan untuk menenangkan saraf Anda.

realme juga menyediakan fitur keamanan tambahan bertajuk “Perlindungan Informasi Pribadi” di realme UI, sistem akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Screenshot di realme C11 juga semakin mudah. Cukup menggunakan 3 jari yang ditarik dari layar atas ke bawah, Anda sudah langsung mengambil tangkapan layar.

Untuk mengambil screenshot bagian layar yang dipilih saja, cukup tekan dan tahan di layar lalu geser. Tidak perlu lagi memotong. Mengambil tangkapan layar sebagian dilakukan hanya dengan satu langkah.

Harga

Dengan peningkatan signifikan dari model pendahulunya, realme C11 diyakini mampu merengkuh pencapaian yang sama sebagai smartphone terlaris tahun ini. Dengan banderol hanya Rp1,5 jutaan, pengguna sudah bisa mendapatkan ponsel dengan baterai cadas dan fitur-fitur seru tanpa batas.

Mulai dari baterai besar 5000mAh dengan reverse charging, layar 6,5 inci dengan poni Mini-drop, 13MP AI dual camera lengkap dengan Nightscape, desain geometric minim sidik jari, tiga slot kartu, realme UI dengan Mode Gelap terintegrasi dan tentunya prosesor Helio G35.

Dengan segudang fitur dan harga bersahabat itu, wajar bila kami menyebut realme C11 sebagai Juaranya Entry-Level.

Latest