Thursday, August 13, 2020
       
Home Apps Google Kini Hapus Riwayat Lokasi Usai 18 Bulan

Google Kini Hapus Riwayat Lokasi Usai 18 Bulan

-

Jakarta, Selular.ID – Google kini secara otomatis akan menghapus riwayat lokasi pengguna baru setelah 18 bulan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi semua orang untuk mengakses pencarian Google, GMaps dan aplikasi YouTube tanpa dilacak.

Pengaturan Google itu akan menghapus riwayat tontonan pengguna baru di YouTube setelah 36 bulan dan pelacakan lokasi dan riwayat penelusuran web akan hilang setelah 18 bulan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/6).

Pengguna nantinya memiliki opsi untuk memilih jangka waktu yang lebih pendek atau lebih lama. Namun, Google mungkin masih dapat mengakses dan menyimpan detail lokasi dengan cara lain.

Namun, pengguna bisa memilih “mode penyamaran,” dengan hanya menekan gambar profil mereka di bagian atas pencarian, Maps atau aplikasi YouTube. Sebelumnya, pengguna perlu mengetuk ‘tambahan’ di menu aplikasi.

Baca juga: Google Bersiap Menambahkan Dark Mode ke Documents, Spreadsheet, dan Slides

Sehingga, Google tidak menyimpan log aktivitas pengguna saat mereka berada dalam mode penyamaran. Pembaruan ini hadir setelah Google ‘diawasi’ dalam mengumpulkan data pribadi pengguna, termasuk riwayat lokasi.

Pasalnya, mesin pencarian raksasa itu memperoleh sebagian besar pendapatannya dari iklan, yang biasanya didasarkan pada data tentang apa yang ditonton dan dibaca pengguna serta di mana mereka berada.

Sundari Pichai, Kepala Eksekutif Alfabet tahun lalu mengakui bahwa perusahaan mengumpulkan lebih banyak data daripada yang diperlukan untuk iklan dan berkomitmen untuk meminimalkan pengumpulannya.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest