Monday, August 10, 2020
       
Home News FinTech Dana Berikan Solusi yang Adaptif selama Pandemi

Dana Berikan Solusi yang Adaptif selama Pandemi

-

Jakarta, Selular.ID – Selama pandemi Covid-19, masyarakat telah mengubah pola aktivitas interaktifnya, dari semula interaksi tatap muka (fisik) menjadi non-fisik (virtual), termasuk dalam bertransaksi. Sejumlah layanan pembayaran digital melaporkan peningkatan trafik selama tiga bulan terakhir, termasuk Dana.

Dana mengklaim trafiknya meningkat 15% dari sebelum masa pandemi. Kunci kesuksesan itu adalah memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia dengan teknologi yang ramah, inklusif dan adaptif dengan berbagai situasi, termasuk di masa New Normal.

Beberapa inisiatif dompet digital Dana yang adaptif antara lain:

Miniprogram Dana Siap Siaga Covid-19

Pertama kali live pada 28 Maret 2020, pada kanal khusus untuk miniprogram Siap Siaga Covid-19, Dana menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan, serta melakukan aksi solidaritas dalam berbagai bentuk.

Mulai dari akses informasi aktual yang akurat tentang perkembangan penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia; Tips-tips bermanfaat tentang bertransaksi nontunai digital yang aman dan praktis yang bisa dijadikan panduan selama masa pandemi berlangsung; Melakukan dignosis mandiri dan terakses dengan Layanan Hotline COVID-19; Mendapatkan informasi rumah sakit terdekat; sampai Melakukan donasi digital melalui Kitabisa.com.

Gerakan #Belanjadi WarungTetangga

Melalui gerakan yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Dana mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka, sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat.

Dalam miniprogram Siap Siaga Covid-19, tersemat fitur pendataan warung/UMKM yang dapat diakses oleh pengguna dompet digital Dana untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggal mereka.

Daftar warung yang terkumpul langsung diserahkan kepada Kemenkop. Warung-warung yang sudah lolos verifikasi oleh Kemenkop akan mendapatkan voucher belanja di akun dompet digital Dana milik mereka.

Jumlah warung dan UMKM yang sudah didaftarkan dalam program ini sejak pertama kali live sudah mencapai lebih dari 3.500 warung.

Aksi #TempatSinggahPejuangMedis

Tenaga medis merupakan profesi dengan tingkat kerentanan sangat tinggi untuk terpapar Covid-19. Di tengah penanganan pandemi, tenaga medis juga memiliki intensitas kerja yang sangat tinggi, serta memerlukan istirahat yang berkualitas.

Ketersediaan tempat beristirahat yang layak dan memenuhi standar bagi tenaga medis menjadi salah satu isu utama yang harus segera diantisipasi saat ini. Untuk mewujudkannya, butuh dukungan serta partisipasi masyarakat.

Dana berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk melakukan penggalangan dana (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini.

Hingga saat ini, Habitat telah mengakomodasi kebutuhan sekira 30% dari total 600 total tenaga medis yang menjadi target.

Dukung UMKM Lewat Home Shopping

Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant Dana, khususnya mitra offline, agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi. Fitur ini menghubungkan pengguna Dana dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp.

Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan Dana QRIS. Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

Dana Telemedicine

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Untuk memberikan solusi terhadap kekhawatiran tersebut, Dana telah meluncurkan fitur Telemedicine yang terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika.

Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi via video dengan dokter serta memperoleh obat-obat yang diresepkan, kapan saja dan di mana saja.

YesDok juga memberikan konsultasi video gratis untuk setiap penggunaan pertama di aplikasi. Konsultasi video ini dapat digunakan untuk berbagai hal: seperti menanyakan penggunaan obat yang baik dan benarinformasi terkini mengenai Covid-19 atau apa saja demi mendukung kenyamanan pengguna dari rumah selama 24 jam.

Layanan telemedika ini menjamin privasi dan kemanan data pengguna. Jika dirasa tidak nyaman, pengguna bisa meminta agar proses konsultasi tidak direkam.

Dana Siaga

Inisiatif terbaru dompet digital Dana yang bisa membantu masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan adalah Dana Siaga. Melalui fitur ini, masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli produk asuransi dengan premi yang terjangkau dengan mudah melalui ponselnya.

Masyarakat berpenghasilan rendah selama ini sangat sulit untuk memiliki produk asuransi karena sejumlah kendala, mulai dari premi yang mahal, akses yang terbatas, persyaratan yang ketat, hingga proses klaim yang panjang. Tantangannya semakin bertambah dengan adanya pandemi yang menuntut masyarakat untuk menghindari interaksi fisik.

Dana Siaga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Ada dua produk asuransi mikro yang bisa dibeli melalui fitur Dana Siaga. Pertama, asuransi jiwa Term-Life dari Star Investama dengan premi mulai dari Rp8 ribu per bulan hingga Rp40 ribu per 12 bulan dengan biaya pertanggungan hingga Rp10 juta.

Kedua, asuransi kesehatan Hospital Cash Plan dari Lippo Insurance dengan premi Rp9.900 per bulan hingga Rp118 ribu per 12 bulan, dengan nilai manfaat rawat inap Rp50 ribu per hari (perawatan tanpa operasi) dan Rp100 ribu per hari (perawatan dengan operasi).

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest