Senin, 24 Juni 2024
Selular.ID -

Cisco, Jawa Barat dan Telkom University Kerja Sama Menghadapi Corona

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat. Program ini merupakan bagian dari program global Country Digital Acceleration (CDA) Cisco.

Tim CDA Cisco bekerjasama dengan pemerintah nasional dan daerah di seluruh dunia untuk mempercepat agenda digitalisasi nasional dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih cepat dan efektif. Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang turut serta dalam program global ini pada 2018.

Program CDA di Indonesia berfokus pada lima bidang: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber dan pemerataan digitalisasi.

Jawa Barat sebagai salah satu provinsi terbesar telah memutuskan untuk mengambil fokus program pada digitalisasi pemerintahan.

Marina Kacaribu, Managing Director, Cisco Indonesia, mengatakan, “Teknologi Cisco dapat memberikan sarana kolaborasi dan komunikasi yang aman dan handal melalui konferensi video, menjalankan aplikasi penting seperti pengujian dan pelacakan, dan memungkinkan pemerintah untuk tetap menjalankan fungsi pelayanan publik yang penting dengan dukungan berupa kemampuan bekerja dari rumah secara aman dan handal untuk para staf pemerintahan.”

Mochamad Ridwan Kamil selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat mengatakan: “Kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan untuk mendukung infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi terutama dalam penanganan pandemi COVID-19. Di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Telkom University sebagai salah satu institusi akademik terkemuka telah aktif mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam berbagai inovasi digital, terutama dalam aplikasi kota cerdas dan pemerintahan digital.

Cisco akan mendukung Telkom University dengan teknologi dan solusi di bidang kolaborasi, komunikasi, jaringan, pusat data dan keamanan siber, yang dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan, “Kemampuan untuk mendorong dan menciptakan berbagai inovasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi digitalisasi ekonomi Indonesia. Seluruh pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, pemerintah dan sektor swasta, perlu bersinergi bersama.”

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU