Thursday, August 13, 2020
       
Home Devices Wearable Devices Akuisisi Fitbit oleh Google Masih Terhadang Restu Komisi Eropa

Akuisisi Fitbit oleh Google Masih Terhadang Restu Komisi Eropa

-

Jakarta, Selular.ID – Gelontoran dana senilai $2,1 miliar oleh Google untuk mengakuisisi perusahaan pelacak kebugaran Fitbit masih memerlukan persetujuan dari otoritas setempat. Komisi Eropa (EC) menetapkan tenggat waktu sementara untuk memutuskan kesepakatan itu pada bulan depan.

Dalam pengajuan, EC menetapkan 20 Juli sebagai langkah paling awal mengeluarkan keputusan tentang kesepakatan, setelah Google dilaporkan menyerahkannya persetujuan tersebut pada 15 Juni 2020.

Menurut laporan harian The Globe and Mail, opsi-opsi potensial yang terbuka untuk Komisi Eropa termasuk menyelesaikan kesepakatan tanpa syarat, menetapkan beberapa kondisi atau membuka penyelidikan lengkap.

Pada bulan Februari, Dewan Perlindungan Data Eropa mengangkat kekhawatiran atas “tingkat risiko tinggi terhadap privasi dan perlindungan data” dari kesepakatan tersebut. Google juga menghadapi pengawasan di pasar dalam negeri dari Departemen Kehakiman AS.

Sebelumnya Google mengumumkan langkah untuk Fitbit pada bulan November 2019, sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan posisinya di sektor produk yang dapat dikenakan dan membangun akuisisi teknologi jam tangan pintar senilai $40 juta dari Fossil.

Jika akuisisi Fitbit berjalan di depan, Google akan mendapatkan akses ke data kesehatan sekitar 28 juta pengguna: sebelumnya berjanji untuk menawarkan opsi untuk meninjau dan menghapus informasi ini.

Proses akuisisi Fitbit berjalan di tengah kondisi yang tidak kondusif bagi kedua pihak. Sejak lama UE menilai Google menjalankan praktek bisnis yang tidak sehat.

Hasil penyelidikan yang dilakukan Komisi Anti Monopoli Uni Eropa. Sejak 2009, komisi yang mewakili 28 negara itu, telah melakukan investigasi menyeluruh terhadap model bisnis yang dijalankan Google.

Dari rangkaian penyelidikan, Google didenda sebesar 1,49 miliar euro (US$1,7 miliar/Rp24 triliun). Itu adalah denda kali ketiga yang dijatuhkan UE kepada raksasa mesin pencari itu. Pada 2018, denda yang dijatuhkan kepada Google memecahkan rekor, sebesar 4,34 miliar euro. Sementara denda pertama senilai 2,4 miliar euro pada 2017.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest