Wednesday, May 27, 2020
Home News E-Commerce Tokopedia, Menkominfo, dan Badan Siber Akan Tingkatkan Pengamanan Data Pribadi

Tokopedia, Menkominfo, dan Badan Siber Akan Tingkatkan Pengamanan Data Pribadi

-

Jakarta, Selular.ID – Menindaklanjuti dugaan kebocoran data pengguna, Tokopedia bekerja sama erat dengan para mitra strategis, antara lain Menkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dalam rangka melakukan investigasi menyeluruh, sekaligus meningkatkan sistem keamanan.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah akan melakukan segala upaya untuk menjaga keberlangsungan ekonomi digital di Indonesia.

“Pemerintah akan terus memastikan agar digital economy khususnya e-commerce dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan oleh peretas data atau data breach. Setiap usaha peretasan data akan ditindaklanjuti agar tidak mengganggu jalannya e-commerce,” jelas Johnny dalam konferensi pers daring usai mengadakan rapat secara virtual antara Kementerian Kominfo, BSSN dan Tokopedia di Jakarta, Senin (04/05/2020).

Konferensi itu diselenggarakan menyusul laporan tentang dugaan sebagian data pengguna diretas. Johnny mengatakan Tokopedia akan melakukan evaluasi dan mitigasi teknis, serta memastikan data akun dan keuangan pengguna aman.

“Tokopedia menyampaikan data-data keuangan dan akun pelanggan aman. Security system Tokopedia hingga saat ini belum bisa diterobos, walaupun sebagian data terkait nama, email dan telepon barangkali sebagian sudah dimasuki peretas,” paparnya.

Johnny mengingatkan masyarakat pemilik akun di platform digital untuk mengubah password secara berkala.

“Masyarakat pemilik akun agar selalu mengubah password secara berkala dan menggunakan fitur One Time Password (OTP) agar keamanan akun pribadi dapat terjaga dengan baik,” jelasnya.

Secara terpisah, Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, mengatakan, “Sekali lagi kami tekankan, keamanan data pengguna adalah prioritas Tokopedia karena bisnis kami adalah bisnis kepercayaan.”

Johnny menyatakan akan melakukan update perkembangan setelah tim yang terdiri dari perwakilan Kementerian Kominfo, BSSN dan Tokopedia.

“Kominfo bersama BSSN akan selalu bekerja sama dengan seluruh pelaku e-commerce untuk berusaha meningkatan security system agar bisa melindungi data pribadi masyarakat,” tandasnya.

TERBARU

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Samsung Umumkan Chip Exynos 880 dengan Modem 5G Bawaan

Jakarta, Selular.ID - Mengekor Qualcomm dan MediaTek yang lebih dulu memperkenalkan chipset 5G kelas...

Latest