Rabu, Oktober 28, 2020
Beranda News Market Update Q1-2020: Kuartal Terburuk Industri Smartphone Global

Q1-2020: Kuartal Terburuk Industri Smartphone Global

-

Jakarta, Selular.ID – Publikasi dari perusahaan analis menunjukkan industri smartphone mengalami penurunan pengiriman terbesar selama kuartal pertama, karena wabah pandemi Covid-19 (coronavirus). Angka yang dirilis secara terpisah oleh IDC dan Strategy Analytics menunjukkan rata-rata hanya 275,4 juta unit spartphone dikirimkan selama kuartal tersebut, dibandingkan dengan rata-rata 321,4 juta unit pada Q1 2019.

Dalam sebuah pernyataan, Direktur Strategy Analytics Linda Sui mengatakan Q1-2020 adalah “kinerja terburuk sejak pencatatan dimulai”, dengan permintaan konsumen yang anjlok tajam akibat kebijakan lockdown.

Direktur riset IDC Nabila Popal secara terpisah menyoroti “masalah sisi penawaran” di Tiongkok. Negara yang menyumbang seperempat dari pengiriman global, berada di puncak penutupan selama Q1, menghasilkan “dampak besar pada pasar secara keseluruhan”.

Popal mencatat, yang memperparah kondisi ini adalah fakta ekonomi global utama lainnya menerapkan langkah-langkah penahanan seperti halnya China mengurangi pembatasan.

Baik IDC maupun Strategy Analytics menyepakati, lima vendor teratas adalah Samsung dengan rata-rata 58,3 juta unit diikuti oleh Huawei (48,8 juta), Apple (37,9 juta) dan Xiaomi (28,5 juta).

Namun, untuk posisi kelima, kedua lembaga riset itu tidak satu suara. IDC melaporkan Vivo kembali ke lima besar, sementara Strategy Analytics mengatakan vendor China lainnya, Oppo memegang posisi itu.

Sui mencatat Xiaomi diuntungkan dari dominasi “pasar India yang besar”, yang berarti pengirimannya tetap flat pada Q1 2019, sementara vendor lain mencatat penurunan.

IDC setuju secara luas, tetapi Apple mencatat tingkat penurunan terendah, sebagian besar berkat momentum seputar seri iPhone 11-nya. Meski demikian, diperkirakan iPhone SE Apple yang baru diluncurkan dapat meningkatkan pengiriman ke depan.

Latest