Tuesday, June 2, 2020
Home News Security Menkominfo Minta Tokopedia Lakukan Investigasi Internal

Menkominfo Minta Tokopedia Lakukan Investigasi Internal

-

Jakarta, Selular.ID – Tak hanya menarik perhatian masyarakat, insiden jual beli data pengguna Tokopedia juga mengundang respons dari Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Melalui keterangan pers, Johnny meminta Tokopedia segera melakukan investigasi secara internal terkait kebocoran data tersebut. Dalam hal ini, MenKominfo mengatakan sudah berkoordinasi langsung dengan platform e-commerce itu.

“Kami sudah bersurat dan berkordinasi dengan Tokopedia. Tim teknis Kominfo sudah melakukan koordinasi teknis untuk menindaklanjuti adanya isu pembobolan data pengguna,” ujar Johnny, melalui siaran pers, Minggu (3/5).

Lebih lanjut, Johnny menghimbau Tokopedia melakukan 3 hal utama demi menjamin keamanan data pengguna.

“Hal pertama yang harus dilakukan Tokopedia segera melakukan pengamanan sistem untuk mencegah meluasnya data breach,” jelasnya.

“Kedua, memberitahu pemilik akun yang kemungkinan data pribadinya terekspos. Dan ketiga, melakukan investigasi internal untuk memastikan dugaan data breach serta apabila telah terjadi, mencari tahu penyebab data breach tersebut,” imbuh Johnny.

Baca juga: 15 Juta Data Pengguna Dikabarkan Bocor, Tokopedia Sarankan Ganti Password

Johnny menambahkan, Kominfo telah meminta laporan tentang pemberitahuan dugaan kebocoran data kepada pemilik akun, tindakan pengamanan sistem yang diakukan, serta potensi dampak data breach kepada pemilik data.

“Terkait permasalahan ini, saya telah meminta Dirjen Aptika untuk memanggil Direksi Tokopedia agar memberikan penjelasan terkait hal ini. Pertemuan akan dilakukan Senin, tanggal 4 Mei,” ungkap Johnny.

Sebagai informasi, insiden jual beli data Tokopedia diungkapkan melalui akun Twitter @underthebeach yang merupakan firma keamanan siber asal Israel. Di dalamnya, ada 15 juta data pengguna Tokopedia yang diretas pada bulan maret 2020 dan kini sudah dijual di dark web.

TERBARU

Sony Tunda Acara PS5

Jakarta, Selular.ID - Usai mengumumkan bakal menggelar acara PS5  pada 5 Juni, kini Sony...

Epic Game Gratiskan Sludge Life Selama Setahun

Jakarta, Selular.ID – Setelah sebelumnya Epic Game bagi-bagi gratis game GTA V, Civilization VI,...

LG Velvet Tersedia di Pasar Eropa

Jakarta, Selular.ID - Setelah beberapa kali merilis video promosi, LG Velvet akahirnya diluncurkan di...

Latest