Monday, October 26, 2020
Home News Mengulik Lebih Dalam Chipset Gahar Exynos 990 milik Samsung Galaxy S20 Ultra

Mengulik Lebih Dalam Chipset Gahar Exynos 990 milik Samsung Galaxy S20 Ultra

-

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu Samsung baru saja meluncurkan ketiga Galaxy S20 Series. Diantara perbedaan yang ada, Samsung memilih untuk mengusung chipset yang sama, yakni Exynos 990 pada jajaran Galaxy S20 Series, termasuk S20 ultra.

Lantas bagaimana performa dari Exynos 990?

Exynos 990 milik Samsung

Prosesor Exynos 990 menghadirkan CPU kustom generasi ke-5 untuk daya komputasi pamungkas yang diperlukan untuk kasus penggunaan kompleks di era 5G. CPU tri-cluster, yang menampilkan CPU kustom generasi ke-5, memberikan kinerja yang ditingkatkan hingga 20% dari pendahulunya.

Ketiganya Dikombinasikan dengan dual-core Cortex-A76 dan quad-core Cortex-A55, prosesor Exynos 990 memberikan kinerja yang optimal dan efisiensi daya yang lebih baik untuk pengalaman seluler tanpa batas yang bertahan lama. Selain itu, Exynos 990 mendukung kecepatan data memori LPDDR5 hingga 5.500 Megabit per detik (Mb/s) untuk bandwidth memori yang lebih luas daripada pendahulunya dengan LPDDR4x. 2

Ini memungkinkan smartphone untuk secara efisien mentransfer sejumlah besar data yang diperlukan untuk komunikasi 5G, aplikasi AI, game yang menuntut grafis, video resolusi sangat tinggi, dan banyak lagi. Setidaknya, ada 6 bidang yang membuktikan kinerja dari Exynos 990 seperti yang dipaparkan dibawah ini.

Pemrosesan AI

Sebagai informasi, NPU merupakan bagian dari prosesor yang bertanggung jawab terhadap pemrosesan AI pada perangkat. Jika mendukung, maka pemrosesan AI bisa berlangsung dengan lebih cepat dan efisien atau bahkan sebaliknya.

Exynos 990 milik Samsung menawarkan NPU Dual-core dan prosesor sinyal digital yang disempurnakan DSP pendahulunya. Sehingga, kombinasi tadi memungkinkan prosesor milik S20 ultra untuk melakukan kira-kira 15 trilion operations per second (TOPs). Dengan begitu, perangkat mampu mendukung pemrosesan AI ataupun instruksi AI menjadi lebih cepat.

Kecerdasan Kamera

Memiliki kinerja AI yang cepat juga berpengaruh terhadap kecerdasan dari kamera S20. Sehingga juga mampu mengenali objek lebih cepat. Disisi lain, Exynos 990 juga menawarkan akurasi dan kecepatan memotret yang ditingkatkan berkat NPU dan (ISP).

Nantinya, sebelum memotret, NPU akan mendeteksi adegan ataupun objek foto dan kemudian ISP secara otomatis menyesuaikan pengaturan seperti ketajaman dan pencahayaan agar mendapatkan hasil foto secara optimal.

Baca juga: 5 Fitur Penunjang Produktivitas Saat WFH di Samsung Galaxy S20 Ultra

Exynos 990 juga mendukung hingga enam sensor individu, dibandingkan dengan lima pendahulunya, dengan pemrosesan tiga bersamaan untuk beragam pengaturan multi-kamera. Hal ini memungkinkan prosesor untuk menumbuhkan pengalaman kamera yang benar-benar pro-grade, lengkap dengan pemetaan nada yang lebih baik untuk warna dan kontras alami, lebih sedikit noise dan detail yang lebih baik dalam cahaya rendah, serta resolusi sangat tinggi.

Menariknya, khusus S20 Ultra memiliki dukungan 100 juta piksel yang memungkinkan pengguna mengambil foto pada tingkat detail yang belum pernah terlihat pada perangkat seluler.

Kecepatan Gaming

Meski Galaxy S20 ultra bukan menyasar segmen gaming, tetapi kemampuan chipset Exynos 990 cukup mumpuni dalam menjalankan game seluler. Hal ini berkat GPU Arm Mali ™ -G77 MP11, yang menawarkan pemrosesan grafis 3D terbaik untuk pengalaman gaming yang realistis dan mendalam.

Lebih lanjut, Exynos 990 juga mendukung efisiensi daya hingga 20 persen berbekal arsitektur GPU yang baru. Pengalaman gaming juga diperkuat dengan kombinasikan CPU dan LPDDR5 yang kuat. Dengan begitu, memungkinkan pengalaman bermain game yang mulus.

Konektivitas 5G

Sangat di sayangkan, Samsung memilih untuk tidak menanam modem 5G pada perangkat Galaxy S20 Ultra di Indonesia. Pasalnya, Indonesia belum mendukung konektivitas 5G. Namun, chipset Exynos 990 sebenarnya mendukung teknologi 5G generasi berikutnya, Exynos Modem 5123. Modem ini mendukung kecepatan pengunduhan yang sangat cepat disertai dengan teknologi hemat daya yang menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik dalam komunikasi 5G.

Sistem Keamanan

Untuk menjaga agar informasi pengguna tetap aman dan terlindungi, Exynos 990 memiliki arsitektur baru dan teknologi canggih untuk meningkatkan keamanan. Ada teknologi perlindungan memori, seperti mesin enkripsi DRAM yang ditingkatkan.

Disisi lain, chipset tersebut juga dibekali Physically Unclonable Function (PUF) Function) yang menghasilkan kunci unik berdasarkan sifat fisik masing-masing chip, lapisan elemen aman (iSE) yang baru ditambahkan akan menyimpan dan menangani data pribadi secara terpisah dari lingkungan OS.

Baca juga: 3 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S20 Series

Multimedia Cerdas

Chipset Exynos memiliki Advanced multi-format codec (MFC) yang bekerja secara encoding dan decoding file video dari berbagai format . Sehingga, memungkinkan prosesor untuk mendukung pemutaran video berkualitas tinggi dan perekaman video yang cerdas. Meski begitu, chipset besutan Samsung tetap mengonsumsi daya yang lebih sedikit dari pendahulunya.

NPU canggih pada chipset juga memungkinkan pengguna menambahkan efek seperti bokeh untuk kedalaman bidang seperti film.

Disisi lain, kemampuan prosesor juga mendukung pengguna menikmati pengalaman menonton yang jauh lebih mulus dan mendalam. Hal ini berkat beberapa fitur yang dimiliki seperti video 10-bit dan kemampuan layar HDR, serta 4K UHD pada kecepatan refresh 60Hz dan QHD + pada 120Hz yang membuat animasi lebih halus.

Latest