Wednesday, May 27, 2020
Home News Startup Kedai Sayur Garap Segmen Business-to-Consumer

Kedai Sayur Garap Segmen Business-to-Consumer

-

Jakarta, Selular.ID – Kedai Sayur mempercepat peluncuran layanan pesan antar bahan makanan secara daring. Langkah ini diambil untuk memenuhi kenaikan tajam permintaan sejak pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas penduduk dalam upaya memperlambat penyebaran virus Corona.

CEO Kedai Sayur Adrian Hernanto mengatakan pasar produk pangan mulai berubah sejak persebaran COVID-19 merebak pada awal Maret. Permintaan dari hotel, restoran, dan kafe merosot, sedangkan permintaan dari tukang sayur dan pelanggan rumah tangga meningkat signifikan.

“Sebelum COVID-19, kami sangat confident dengan penjualan B2B ke hotel, restoran dan kafe. Growth-nya lebih dari 20% per bulan. Namun, semenjak bulan Maret, permintaan tersebut turun hampir 50%. Namun, berbarengan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada permintaan yang berasal dari tukang sayur dan juga pelanggan rumah tangga,” katanya.

Selain itu, dia menjelaskan pembatasan operasional pasar induk dan pasar lokal menganggu pola distribusi produk pangan segar di Indonesia.

“Dampaknya, bukann hanya pelanggan yang tidak bisa belanja ke pasar. Petani juga kehilangan medium untuk menyalurkan hasil panen mereka,” kata Adrian.

Kedai Sayur memutuskan untuk mempercepat peluncuran layanan business-to-consumer sehingga pelanggan bisa memenuhi kebutuhan pangan harian sambil menaati peraturan pemerintah untuk tetap di rumah. Kini, Kedai Sayur melayani pengiriman sayur dan lauk pauk langsung ke rumah pelanggan melalui aplikasi KedaiSayur dan toko daring di Tokopedia dan Blibli.

Selain itu, Kedai Sayur meluncurkan inisiatif yang membantu petani untuk mendistribusikan hasil panen mereka ke pelanggan. Inisiatif tersebut dijalankan lewat kerja sama langsung dengan petani melalui Kementerian Pertanian. Petani dapat menjual hasil panen mereka dibantu oleh pemerintah dengan menggunakan platform digital oleh Kedai Sayur.

“Kini dengan keahlian supply chain dan teknologi digital platform, Kedai Sayur berkontribusi ke dua sisi pola distribusi yang kena dampak virus Corona,” kata Adrian.

Kedai Sayur juga menyediakan program Paket Donasi untuk masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan donasi dalam bentuk bahan makanan. Kedai Sayur mengelola penyaluran paket bahan makanan tersebut ke penduduk yang tinggal atau bekerja di zona merah serta ke individu yang kehilangan pendapatan akibat COVID-19.

TERBARU

Kembangkan 5G, Xiaomi Setop Produksi Smartphone 4G

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi dikabarkan tak lagi memproduksi perangkat 4G pada akhir 2020. Hal...

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Latest