Wednesday, September 23, 2020
Home News Market Update Penjualan Smartphone di China Mulai Membaik

Penjualan Smartphone di China Mulai Membaik

-

Jakarta, Selular.ID – Angka-angka yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, menunjukkan pengiriman ponsel pintar China sepanjang Maret 2020 tercatat masih tetap turun. Namun penurunannya lebih rendah dibandingkan Februari. Hal itu menunjukkan, upaya Beijing untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 (coronavirus) mulai berpengaruh terhadap permintaan pasar.

Data dari Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China (CAICT) menunjukkan pengiriman pada Maret turun 21,9 persen tahun-ke-tahun menjadi 21 juta unit, jauh lebih sedikit dari penurunan sebesar 54,7 persen yang dicatat pada Februari sebelumnya.

Data CAICT menungkapkan, selama tiga bulan pertama tahun ini, pengiriman ponsel di pasar domestik tergelincir 34,7 persen menjadi 47,7 juta unit. Jumlah smartphone baru yang dirilis juga anjlok sebesar 24,5 persen menjadi hanya 74 model.

Data menunjukkan merek multinasional menyumbang 13,2 persen dari total pengiriman bulan lalu, dengan Apple diperkirakan telah mengirim sekitar 2,5 juta iPhone, turun 20 persen, setelah jatuh 61 persen pada Februari.

Apple mengumumkan pada pertengahan Maret bahwa mereka membuka kembali semua 42 toko di China setelah menutupnya pada awal Februari.

Pada panggilan pendapatan baru-baru ini, Presiden Xiaomi Wang Xiang menyebutkan bahwa produksi perusahaan mulai kembali normal, dengan produksi berkisar 80 persen hingga 90 persen dari kapasitas reguler pada 31 Maret.

Wabah virus corona memang membuat vendor smartphone di China kalang kabut. Namun turunnya permintaan di negeri tirai bambu sudah diprediksi sebelumnya oleh lembaga riset terkemuka IDC.

Dalam kajian yang diterbitkan pada Februari lalu, IDC menyimpulkan bahwa pasar smartphone China akan menghadapi tantangan lain dengan wabah Corona. Hal ini tidak hanya akan mempengaruhi kinerja pasar secara keseluruhan pada Q1 2020 tetapi juga akan memiliki efek jangka panjang sepanjang 2020.

Padahal, tanpa virus corona, permintaan smartphone China pada 2019 juga sudah menyusut. Negara ini telah mengalami penurunan pengiriman ponsel selama tiga tahun berturut-turut. Tercatat, pasar menyusut 7,5% pada 2019 dibandingkan 2018, yang merupakan penurunan 11 kuartal berturut-turut.

Latest