Wednesday, June 3, 2020
Home Apps Melalui Live Instagram Kini Bisa Galang Dana

Melalui Live Instagram Kini Bisa Galang Dana

-

Jakarta, Selular.ID – Instagram baru saja mengumumkan fitur baru bernama Live Donations. Fitur tersebut merupakan cara baru bagi pengguna untuk menggalang dana.

Melalui ‘Live Donations’, memungkinkan siapa saja untuk membuat penggalangan dana saat livestreaming, baik sendiri atau dengan orang lain untuk semacam pengalaman telethon virtual, sebagaimana dikutip dari Techcrunch, Rabu (29/4).

Fitur ini dirilis setelah TikTok meluncurkan fitur donasi yang berfungsi baik di pos video dan live stream-nya. Meski begitu Live Donations Instagram berbeda dengan TikTok.

Pasalnya, TikTok hanya mendukung beberapa kegiatan amal saat peluncuran, sementara Facebook mengatakan fitur Live Donations dapat digunakan untuk membuat penggalangan dana untuk lebih dari satu juta organisasi nirlaba.

Paltform dunia maya itu juga mencatat bahwa 100% dari uang yang dihimpun masuk langsung ke organisasi nirlaba, karena Instagram tidak mengambil jalan pintas seperti praktik umum pada beberapa platform penggalangan dana lainnya.

Baca juga: Instagram Meriahkan Ramadhan Dengan AR Filter

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengetuk kamera di kiri atas laman Instagram atau cukup menggeser layar ke kanan. Kemudian, ketuk “Langsung” di bagian bawah layar, pilih “Penggalang Dana” dan pilih organisasi nirlaba yang ingin Anda dukung.

Ketika siaran dimulai, Anda akan diperlihatkan berapa banyak orang yang mendukung penggalangan dana dan jumlah uang yang dihimpun, secara real-time. Anda juga dapat mengetuk “Lihat” untuk melihat rincian lebih lanjut dari donor, termasuk kontribusi individu, jika Anda ingin memberi mereka ucapan terima kasih, misalnya dengan mengetuk “Wave.”

Nantinya, Mereka yang menggalang dana, memberikan sumbangan kepada penggalang dana atau menggunakan Stiker Sumbangan dalam Cerita juga akan mendapatkan stiker eksklusif “Saya menyumbang!” hasil rancangan komunitas Brazil @leonatsume.

Stiker ini dapat digunakan pada Stories untuk meningkatkan kesadaran akan penyebabnya. Selanjutny, Pos Anda digabungkan menjadi cerita bersama dengan orang lain yang Anda ikuti yang juga menyumbang, yang akan Anda temukan di baris depan di bilah Stories.

Perlu diketahui, Kehadiran fitur Live Donations memanfaatkan peningkatan penggunaan Instagram Live selama pandemi. Misalnya, pada bulan lalu, penggunaan Instagram Live naik 70% karena pengguna beralih ke platform.

TERBARU

Sony Tunda Acara PS5

Jakarta, Selular.ID - Usai mengumumkan bakal menggelar acara PS5  pada 5 Juni, kini Sony...

Epic Game Gratiskan Sludge Life Selama Setahun

Jakarta, Selular.ID – Setelah sebelumnya Epic Game bagi-bagi gratis game GTA V, Civilization VI,...

LG Velvet Tersedia di Pasar Eropa

Jakarta, Selular.ID - Setelah beberapa kali merilis video promosi, LG Velvet akahirnya diluncurkan di...

Latest