Wednesday, May 27, 2020
Home News Gaming dan Telekonferensi Sumbang Kenaikan Trafik Tertinggi saat WFH

Gaming dan Telekonferensi Sumbang Kenaikan Trafik Tertinggi saat WFH

-

Jakarta, Selular.ID – Selama Pandemi COVID-19 yang membuat banyak kota di berbagai belahan dunia menerapkan total lockdown, sementara kota-kota lainnya menjalankan social distancing untuk membatasi interaksi publik trafik telekomunkasi mengalami lonjakan dimana aktivitas gaming dan telekonferen menyumbang paling banyak lonjakan trafik tersebut.

Melalui big data generasi selanjutnya yang didukung oleh kecerdasan jaringan (Network Intelligence) dan teknologi analitik, Nokia Deepfield telah mengidentifikasi beberapa trafik yang mengalami lonjakan pada jaringan global akibat meningkat penggunaannya.

Seperti diketahui, dengan banyaknya orang yang tetap tinggal di rumah, koneksi broadband menjadi jauh lebih penting dari sebelumnya karena orang banyak menghabiskan waktu, dan mencari informasi teraktual terkait virus tersebut.

Oleh karena itu menurut laporan tersebut para service providers harus memastikan jaringan mereka memiliki kapasitas cukup serta tetap memberikan layanan terbaik dengan meningkatnya demand.

Hasil riset Nokia tersebut melaporkan, sebagian besar jaringan memperlihatkan pertumbuhan normal sebanyak 30-45% selama satu tahun. Namun demikian, Nokia Deepfield telah menyadari peningkatan 30-50% (biasanya terjadi di malam hari) selama beberapa minggu terakhir pada wilayah yang terdampak pandemi COVID-19.

Sebagian besar peningkatan terjadi pada video berlangganan (seperti Netflix dan YouTube) dimana trafik Netflix meningkat antara 54-75% pada beberapa kasus

Terdapat juga pertumbuhan 400% pada gaming, dan kenaikan 300% pada aplikasi teleconference di wilayah U.S. (seperti Zoom, Skype) dikarenakan semakin banyaknya publik yang menjalankan aturan bekerja dari rumah.

Nokia juga melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam latency-sensitive applications selama jam kerja.

Sejauh ini, terlihat bahwa jaringan masih dapat memenuhi demand yang semakin meningkat. Namun, jaringan sebanyak ini diperkirakan tumbuh dalam kurun waktu satu tahun, bukan dalam kurun beberapa hari seperti yang terjadi saat ini. Kapasitas jam sibuk (kapasitas untuk memenuhi permintaan di jam paling sibuk) dirancang untuk memenuhi kebutuhan online streaming pada Minggu malam pukul 21.00. Saat ini, bahkan pada akhir pekan, video-streaming mengalami lonjakan yang jauh lebih tinggi.

TERBARU

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Samsung Umumkan Chip Exynos 880 dengan Modem 5G Bawaan

Jakarta, Selular.ID - Mengekor Qualcomm dan MediaTek yang lebih dulu memperkenalkan chipset 5G kelas...

Latest