Saturday, March 28, 2020
Home News Market Update Top 5 Vendor Chipset Smartphone Global 2019

Top 5 Vendor Chipset Smartphone Global 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Produsen chipset smartphone di dunia hanya segelintir. Seperti yang Anda ketahui, Qualcomm telah mendominasi pasar di semua segmen sejak lama. Pada laporan terbaru, daftar Top 5 vendor chipset dunia menunjukkan perubahan minor pada posisi ketiga.

Divisi chipset Exynos Samsung kini telah menjadi pemasok ketiga terbesar di dunia smartphone, menggantikan Apple, yang turun ke urutan keempat, menurut data dari Counterpoint Research.

Exynos memiliki pangsa pasar 14,1% pada 2019, naik 2,2 poin persentase dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan ini berkat pertumbuhan yang kuat di Amerika Utara dan India. Samsung dan Huawei adalah satu-satunya vendor di Top 5 global yang memposting pertumbuhan.

Sementara Apple turun 0,5 poin persentase menjadi 13,1% saham untuk finish di tempat keempat, di depan Huawei di urutan kelima.

Qualcomm dan MediaTek masih mempertahankan posisi terdepan mereka masing-masing dengan pangsa pasar 33,4% dan 24,6%.

Akan menarik untuk melihat bagaimana situasi berkembang tahun ini. Samsung sudah menggunakan beberapa chip MediaTek untuk model-model tertentu pada skala bawah dan akan menggunakan lebih banyak lagi untuk ponsel 5G yang terjangkau.

Divisi chip Samsung juga belum berhenti. Ia menemukan klien baru, vivo (untuk ponsel X30). Juga, pengembangan core CPU khusus ditutup, tetapi perusahaan bermitra dengan AMD untuk membawa teknologi GPU Radeon ke chipset Exynos-nya.

Latest