Monday, July 13, 2020
Home News MenKominfo: Penyebar Hoax Corona Terancam Pidana 6 Tahun

MenKominfo: Penyebar Hoax Corona Terancam Pidana 6 Tahun

-

Jakarta, Selular.ID – Pengumuman Presiden Jokowi terkait pasien positif Corona rupanya membuat masyarakat khawatir, terlebih dengan derasnya berita hoax di masyarakat. Terkait dengan hal ini, Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, menyebut penyebar dan pembuat Hoax dapat dipidana 6 tahun.

“Undang-undang sudah mengatur sanksinya, kalo menyebarkan hoax ada sanksi pidana, ada juga sanksi materi, pidana 6 tahun, materialnya hampir Rp1 miliar, dan itu tentu law enforcement,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (3/3).

Ia juga mengatakan jika pihaknya saat ini sudah berkoordinasi langsung dengan Kepolisian RI. Menurut Johnny, virus Corona bukan lagi permasalahan RI saja, melainkan sudah naik ke tingkat Global.

Terhitung, sampai dengan Senin, 2 Maret, ada 143 kasus Hoax virus Corona. Sesuai dengan ranah yang digelutinya, MenKominfo itu mengajak masyarakat untuk tak membuat ataupun menyebarkan Hoax.

Baca juga: Terdampak Corona, Industri Smartphone di China Anjlok

“Mari kita menjadi perisai bangsa Indonesia dibidang informatika, caranya adalah tidak memproduksi hoax, tak menyebarkan hoax, itu salah satu cara kita, karena memproduksi hoax dan menyebarkan hoax tidak menguntungkan kita secara pribadi, keluarga kita, masyarakat dan bangsa kita, tidak diuntungkan, dirugikan semua” tegas Johnny.

“Tugas kita sekarang bersama-sama pemerintah dan seluruh masyarakatnya untuk menjaga agar penyebarannya itu dibatasi, itu dijaga, sehingga, kita aman dengan cara apa, ikutilah petunjuk yang resmi diberikan oleh Kementerian kesehatan dan WHO ditingkat dunia.” imbuhnya.

Latest