Beranda Apps Canggih, Sistem AI Alibaba Bisa Deteksi COVID-19 dalam Hitungan Detik

Canggih, Sistem AI Alibaba Bisa Deteksi COVID-19 dalam Hitungan Detik

-

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan AI dalam dunia medis memang sudah tak asing lagi, biasanya AI dimanfaatkan untuk mendeteksi hal-hal yang kemungkinan tak terdiagnosa oleh dokter. Kini, sistem AI milik Alibaba dikabarkan bisa deteksi virus Corona (COVID-19) hanya dalam hitungan detik.

Kabarnya, ini berkat pengembangan dari Sistem AI yang telah dilakukan oleh perusahaan. Sistem AI itu bekerja dengan mengandalkan CT Scan yang dijadikan sample untuk mendeteksi COVID-19 dalam hitungan detik, dikutip dari Ubergizmo (17/03/2020).

Menariknya, hasil uji coba yang dilaporkan Alibaba menyebut bahwa tingkat keakuratan mencapai 96%. Artinya, Sistem AI Alibaba ini dapat digunakan oleh petugas medis, mengingat kemungkinan gagal hanya 4 persen. Selain itu, juga mempercepat hasil diagnosa pasien. Pasalnya, saat ini di Indonesia saja butuh waktu sekitar 2 hari untuk mendiagnosa positif atau tidaknya pasien dari COVID-19.

Baca juga: Google Kembangkan Situs Pendeteksi Corona

Perlu diketahui, sistem AI alias Artificial Intelegent ini bekerja sesuai dengan data dan sample yang diberikan. Alibaba menyebut telah mengambil sample sebanyak 5000 kasus virus Corona yang terjadi di China. Sehingga, inilah yang mendorong kecerdasan buatan itu mampu mendeteksi pandemi Corona dengan cepat.

Adapun kedepannya, Alibaba telah mengirimkan dokter untuk menjelaskan kinerja dari sistem AI buatannya kepada negara yang juga tengah menangani wabah COVID-19. Sayangnya, tak disebutkan negara-negara yang bakal dituju.

Artikel Terbaru