Saturday, August 15, 2020
       
Home News Berkat Massive MIMO 32T32R Tri, Gaming Jam Sibuk Tetap Lancar

Berkat Massive MIMO 32T32R Tri, Gaming Jam Sibuk Tetap Lancar

-

Jakarta, Selular.ID – Bermain mobile games digemari banyak orang karena sifatnya yang bisa dimainkan kapan pun dan di mana pun. Namun, ada syarat yang perlu dipenuhi, yaitu koneksi internet mobile yang mumpuni. Penggemar mobile game memerlukan jaringan dengan jeda waktu (latency) seminim mungkin.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, mengatakan, Tri Indonesia menggelar teknologi baru, untuk memberikan pengalaman pengguna yang semakin baik.

Salah satu teknologi terakhir yang digelar adalah Massive MIMO 32T32R yang mampu menurunkan latency hingga 50%, membuat online gaming jauh lebih lancar dan kompetitif.

Teknologi Massive MIMO ini menggunakan lebih banyak antena baik pada pemancar maupun pada penerima. Sesuai dengan namanya, Massive MIMO 32T32R menggunakan 32 elemen antena pemancar dan 32 elemen antena penerima pada satu Base Transceiver Station (BTS).

“Jadi waktu yang semakin kecil ini tentunya membuat para mobile gamers bisa lebih responsif dan kompetitif ketika bermain,” ujar Desmond.

Menurut pengujian internal, teknologi Massive MIMO 32T32R meningkatkan kualitas jaringan hingga lebih cepat 8x, begitu juga untuk gaming experience, dengan latency 50% lebih cepat meski dalam jam sibu.

“Peningkatan ini digemari oleh pemain mobile games karena membantu mereka untuk bermain dengan lebih kompetitif. Namun, tentunya peningkatan jaringan secara signifikan seperti ini akan bermanfaat pula bagi kegiatan lain seperti video call, streaming video, dan masih banyak lagi,” kata Desmond lagi.

Dijelaskan Desmond sebagai perbandingan, teknologi SISO menggunakan hanya satu antena, MIMO menggunakan dua atau empat antena, sedangkan Massive MIMO menggunakan mulai dari enam belas antena atau lebih.

Baca Juga :Tri Berikan Penjelasan Terkait Paket Internet Unlimited

Penambahan ini melipat gandakan kapasitas antena dalam menangani lalu lintas data, sehingga dapat menghasilkan koneksi internet yang jauh lebih baik dan cepat.

Dengan 64 elemen antena pemancar dan penerima, kecepatan unduh, unggah, dan latency dari koneksi internet mendapatkan penyempurnaan yang signifikan seperti pada tabel berikut.

Kinerja Massive MIMO 32T32R Dibandingkan dengan SISO
KapasitasRata-rata kecepatan maksimalLatency
3x lebih besar8x lebih cepat50% lebih cepat (pada jam sibuk)

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest