Sunday, July 5, 2020
Home Apps Waspada, Akun Pengguna TikTok Rentan Diretas

Waspada, Akun Pengguna TikTok Rentan Diretas

-

Jakarta, Selular.ID – Isu keamanan data sering kali dikaitkan dengan TikTok. Platform video itu baru saja dilaporkan terkait adanya celah pada Tiktok. Bahkan, akun pengguna Tiktok disebut mudah diretas.

Kabar ini muncul setelah adanya laporan hasil riset dari Check Point Research. Perusahaan riset itu telah menemukan beberapa ‘celah’ dalam aplikasi TikTok. Dalam laporannya, terungkap bahwa ada kemungkinan peretasan dan informasi pribadi pengguna, dikutip dari Gadgetsnow, Kamis (09/01).

Check point juga menjelaskan rangkaian peretasan. Hal ini bermula ketika seorang peretas mengirim SMS berisi tautan kepada pengguna TikTok. Jika pengguna meng-klik tautan itu, secara otomatis peretas akan mengambil alih akun TikTok pengguna. Meski terlihat sederhana, namun langkah ini cukup fatal dan sering kali dianggap sepele.

Baca juga: Dituding Curi Data, TikTok Sebut Ikuti Aturan

Jika peretas telah mendapat akun pengguna, maka apapun bisa dilakukan peretas layaknya akun sendiri. Tak hanya itu, TikTok juga disebut memiliki subdomain yang rentan terhadap peretasan. Hal ini telah diuji secara langsung oleh peneliti Check Point melalui celah yang ada tadi. Adapun peneliti itu memperoleh informasi pribadi seperti alamat email dan tanggal lahir pengguna.

Sementara itu, Luke Deshotels selaku tim keamanan TikTok mengungkap telah menambal celah keamanan yang dilaporkan. Sayangnya, tak disebutkan kapan perbaikan itu telah selesai. Luke hanya menyebut perbaikan hadir dalam versi terbaru TikTok.

“Sebelum meluas ke publik, Check Point juga setuju bahwa perbaikan celah telah dilakukan dalam versi terbaru dari aplikasi kami,” pungkas Luke, dikutip dari Gadgetsnow, Kamis (09/01).

TERBARU

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Web

Jakarta, Selular.ID - Setelah merilisnya untuk aplikasi smartphone, WhatsApp juga meluncurkan fitur Dark Mode...

10 Smartphone dengan Performa Kencang Juni 2020 Versi AnTuTu

Jakarta, Selular.ID - Seperti biasanya, AnTuTu kembali merilis daftar smartphone dengan performa ngebut di...

Sensor Tower : PUBG Mobile Dominasi Pasar Game Multipemain

Jakarta, Selular.ID - Tak hanya populer, PUBG Mobile berhasil mendominasi pasar game global. Bahkan,...

Latest