Monday, March 30, 2020
Home News Policy Pemilik Ponsel di AS Bisa Dipenjara Jika Belum Berusia 21 Tahun

Pemilik Ponsel di AS Bisa Dipenjara Jika Belum Berusia 21 Tahun

-

Jakarta, Selular.ID – Ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan secara hukum di AS sebelum berusia 21 tahun. Menurut CNET, jika sebuah RUU yang diperkenalkan di legislatif Vermont oleh Senator John Rodgers lolos, masyarakat harus berusia 21 tahun untuk menggunakan atau memiliki ponsel di negara bagian tersebut.

Rodgers merujuk ke penggunaan ponsel oleh remaja yang telah menyebabkan kecelakaan mobil fatal dan juga intimidasi. Rodgers mengatakan mereka yang berusia di bawah 21 “tidak cukup matang secara mental” untuk menggunakan ponsel dengan aman.

RUU itu secara khusus menyatakan “Penggunaan ponsel saat mengemudi adalah salah satu pembunuh utama remaja di Amerika Serikat. Kaum muda sering menggunakan ponsel untuk menggertak dan mengancam orang muda lainnya, kegiatan yang telah dikaitkan dengan banyak bunuh diri.”

RUU itu bahkan menghubungkan penggunaan ponsel dengan terorisme dengan menyatakan, “Internet dan media sosial, diakses terutama melalui ponsel, digunakan untuk meradikalisasi dan merekrut teroris, fasis, dan ekstremis lainnya. Ponsel sering digunakan oleh penembak massal dari usia yang lebih muda untuk penelitian tentang penembakan sebelumnya.”

Tidak ada negara bagian di AS yang memiliki undang-undang yang mewajibkan pengguna ponsel untuk mencapai usia tertentu. Namun, untuk menindaklanjuti jumlah kematian yang disebabkan oleh pengemudi yang teralihkan (ponsel), 38 negara bagian tidak mengizinkan seorang remaja untuk menggunakan ponsel saat mengemudi kendaraan.

Rodgers menyadari RUU-nya tidak akan lulus dan mengatakan dia sendiri tidak akan menyetujuinya. Alasan mengapa dia memperkenalkan RUU itu adalah menjawab hak kepemilikan senjata api. Berdasarkan kata-kata dalam RUU-nya, ponsel tampaknya lebih berbahaya daripada pistol.

Baru-baru ini, Legislatif negara bagian itu menaikkan usia merokok minimum dari 18 menjadi 21 tahun di Vermont, dan masyarakat harus berusia 21 tahun untuk memiliki senjata api.

Hukuman yang disebutkan dalam RUU itu menuntut denda $1.000 dan sebanyak satu tahun penjara bagi siapa pun yang berusia di bawah 21 tahun tertangkap menggunakan ponsel yang mereka miliki. Di bawah undang-undang yang diusulkan, tindakan memiliki ponsel secara ilegal akan dianggap pelanggaran ringan.

Latest