Wednesday, January 22, 2020
Home Apps Spotify Kalahkan Apple Music?

Spotify Kalahkan Apple Music?

-

Jakarta, Selular.ID – Spotify menghadirkan pencatat lagu favorit pengguna selama satu tahun, bertajuk Wrapped. Kehadiran fitur ini tengah banyak dibagikan penggunanya di berbagai jejaring sosial.

Pengguna Spotify membagikan dalam format serupa Instagram Story di aplikasi mobile karyanya, dan pengguna dapat mengetuk konten ini untuk berbagi rangkuman mereka secara langsung ke Instagram Story dari Spotify.

Seperti dilaporkan The Verge, berkat penggunanya yang kerap berbagi, membuat Spotify mampu mengungguli Apple Music, dan mengalahkan fitur serupa yang dimiliki oleh Apple.

Sebelumnya, pada bulan Oktober lalu, Spotify dilaporkan mendominasi pasar layanan musik dengan 248 juta pengguna aktif bulanan dan 113 juta anggota premium hingga akhir kuartal ketiga tahun 2019 ini.

Jumlah tersebut meningkat 30 persen dan 31 persen jika dibandingkan dengan jumlah yang dilaporkan pada kuartal ketiga tahun 2018. Peningkatan ini melebihi dan mencapai ekspektasi tinggi Spotify yang diumumkan pada sekitar bulan Juni lalu.

Seperti dilaporkan beberberapa waktu lalu tekait persaingan antara Apple dan Spotify yang kian memanas. Seperti dilaporkan Mashable, Apple Music menghasilkan miliaran dollar AS per kuartal, sedangkan Spotify masih belum memperoleh keuntungan pada kuartal yang dijalaninya.

Apple jelas memiliki keuntungan besar berkenaan dengan distribusi sebab aplikasi Apple Music tersedia untuk perangkat iOS dan Android, serta HomePod. Sedangkan Spotify tersedia di perangkat bersistem operasi Android dan iOS, lini speaker cerdas Amazon Echo dan Google Home.

Baca Juga ;Spotify Hadirkan 2 Playlist yang Dipersonalisasi

Meskipun tidak cari untung dari Apple Music, Apple berharap dapat mencapai keuntungan pada bisnis layanannya sebesar USD50 miliar (Rp721,9 triliun) pada tahun 2021, meningkat dari pencapaiannya pada tahun 2017 lalu, yaitu sebesar USD30 miliar (Rp433,1 triliun).

Apple Music memiliki sekitar 45 juta pelanggan berbayar. Terdapat berbedaan antara keduanya, Spotify menawarkan layanan bebas iklan yang tidak didukung sejumlah fitur yang ditawarkan pada layanan premium, seperti unduh gratis, dan skip tanpa batas.

Selain itu, Spotify juga menawarkan kemampuan untuk memainkan lagu apapun serta ciptakan playlist khusus. Apple Music menawarkan masa percobaan selama tiga bulan, yang tidak dimiliki Spotify.

Latest