Wednesday, July 8, 2020
Home Editor's Choice Selular Editor's Choice 2019: Best Camera Smartphone

Selular Editor’s Choice 2019: Best Camera Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Sektor fotografi masih menjadi bahan jualan bagi vendor smartphone dengan berlomba-lomba menghadirkan teknologi terkini dan kapasitas kamera dengan resolusi terbesar.

Berbagai teknologi disematkan dalam kamera smartphone saat ini. Mulai dari resolusi besar, jumlah lensa kamera, sensor yang digunakan, teknologi AI dan banyak lagi.

Jika sebelumnya vendor smartphone berbondong-bondong menghadirkan smartphone dengan kamera berkemampuan 48MP, kini kapasitas kamera dengan resolusi sebesar 64MP pun segera dihadirkan vendor ponsel ke Tanah Air.

Berikut daftar 5 smartphone dengan kemampuan kamera terbaik selama 2019:

1. Huawei Mate 30 Pro
2. Samsung Galaxy Note 10
3. Oppo Reno 10x Zoom
4. Realme XT
5. Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Best Camera Smartphone 2019

Huawei Mate 30 Pro

Vendor asal CIna ini masih mengandalkan nama besar Leica untuk menyokong fitur kamera di perangkat yang dihadirkannya ini. Huawei mengklaim smartphonenya menjadi yang pertama mengusung desain kamera baru. Kali ini, Mate 30 Pro dibekali dengan lensa Supersensing Cine Kamera. Adapun, keempat kamera ini dibalut dengan lingkaran yang terletak dibagian tengah panel belekang layar

Mate 30 Pro dibekali dengan lensa utama sebesar 40MP, 8MP lensa telephoto dengan 3 kali optical zoom, 40MP ultra wide angle kamera, dan kamera 3D ToF. Dengan lensa ini, Mate 30 Pro mampu merekam video berkualitas 4K diberbagai kondisi, seperti low-light serta ultra wide angle.

Sebagai fitur pendukung fotografi, Huawei menambahkan Slow Motion dengan kemampuan hingga 7680fps. Sedangkan, melengkapi perekaman video, Mate 30 Pro dibekali oleh Optical Image Stabilization (OIS) serta AI Stabilization (AIS). Di bagian kamera depan, Mate 30 Pro memiliki lensa 32 Megapiksel serta kamera 3D ToF.

Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 10 menawarkan salah satu keunggulan yang terletak pada kameranya dengan mengusung empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Kamera belakang terdiri dari kamera ultra wide 16 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 123 derajat, lalu ada kamera wide 12 MP dengan 2PD AF (f/1.5) dan (f/2.4) berbidang pandang 77 derajat. Ada juga kamera telephoto 12MP (f/2.1), OIS dengan bidang pandang 45 derajat.

Kamera Galaxy Note 10 menyediakan mode live focus untuk foto dan video. Efek ini berlaku untuk kamera belakang maupun kamera depan.

Yang tak kalah menarik, Note 10 memberikan sejumlah opsi agar pengguna bisa memotret tampa perlu menyentuh tombol shutter di layar. Pertama, menggunakan tombol di stylus S Pen yang mampu bekerja secara wireless. Sekali pencet tombol S Pen, foto akan terambil dan video mulai merekam. Dua kali pencet akan mengganti kamera dari belakang ke depan atau sebaliknya.

Oppo Reno 10x Zoom

Keunggulan utama Oppo Reno 10x Zoom terletak pada tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP SONY IMX586 F/1.7, kamera sudut lebar 8MP F/2.2 yang dapat menghasilkan pandangan 120°, dan kamera telefoto dengan pembesaran hybrid 10x zoom menggunakan sensor 13MP dengan F/3.0.

Oppo Reno 10x zoom didukung fitur pop-up selfie camera bernama Pivot Rising Camera. Pivot Rising Camera ini memiliki bentuk segitiga yang menyerupai sirip ikan Hiu. Desain Pivot Rising Camera dirancang sedemikian rupa sehingga ketika muncul di permukaan merata sepenuhnya. Kamera selfie ini memiliki resolusi 16MP dengan diafragma F/2.0.

Realme XT

Mengikuti era baru, ponsel lini seri X milik Realme ini hadir dengan membawa 64 Megapiksel Quad Camera. Realme XT menggunakan konfigurasi quad-camera yang membawa sensor 64MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS.

Ponsel memiliki mode Ultra 64MP dalam pengaturan kamera yang akan memungkinkan pengguna mengambil foto dengan resolusi penuh.

Tersemat pula kamera lainnya, yaitu kamera ultra-wide 8MP, kamera ultra-macro 2MP dan kamera depth-sensor 2MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang ditempatkan di minidrop notch.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi menjadi brand pertama yang menghadirkan smartphone dengan kamera berkemampuan super resolution berkekuatan 64MP.

Perangkat yang diberilabel Redmi Note 8 Pro milik Xiaomi ini mengusung teknologi 64MP Quad Camera dan akan dirilis pada tanggal 17 Oktober 2019. Hasil foto dari kamera berkekuatan 64MP ini pun diklaim mampu dicetak berukuran 2×3 Meter dengan kualitas gambar tanpa pecah.

Ponsel ini memiliki empat kamera belakang. Sensor utama 64MP menggunakan filter quad bayer untuk mengambil foto 16MP dengan ukuran piksel setara 1,6μm. Ada juga penembak sudut ultra-lebar 8MP dengan bidang pandang 120 derajat, kamera makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP untuk membantu menciptakan blur untuk pemotretan mode potrait. Di bagian depan ada kamera selfie 20MP.

Latest