Thursday, January 23, 2020
Home Games Kompetisi Esport Menjamur, Pemerintah Siapkan Regulasi Khusus

Kompetisi Esport Menjamur, Pemerintah Siapkan Regulasi Khusus

-

Jakarta, Selular.ID – Saat ini kompetisi esport mulai menjamur. Adapun hal ini tak terlepas dari beragamnya gim-gim yang banyak diminati masyarakat, mulai dari Mobile hingga PC. Selain itu, banyaknya masyarakat Indonesia, terutama milenials yang menjadikan gim sebagai bagian dari hobi.

Merespon hal ini, Aris Subiyono, Asisten Deputy Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, menyebut ada dual hal yang tengah dipersiapkan pemerintah Indonesia. Pertama, terkait dengan kompetisi esport, pemerintah berupaya membuat regulasi-regulasi dalam melindungi semua yang terlibat termasuk peserta itu sendiri.

“Kita lagi menyiapkan regulasi-regulasi yang nanti akan mengarahkan kepada milenilas, karena yang paling banyak disasar adalah kalangan milenials.” ujarnya, melalui acara Dunia Games Telkomsel di Jakarta, Kamis (12/12).

Adapun Aris mengungkap bahwa langkah ini bertujuan untuk mengarahkan esport menjadi prestasi bagi milenials. menurutnya, esport tak hanya memiliki sisi menyenangkan. Namun juga bisa menjadi peluang untuk berprestasi.

Meski tak menolak esport, Namun Aris menyebut pemerintah berupaya membangun nuansa rasa lokal didalamnya. Adapun hal ini berupa konten budaya Indonesia yang bisa dibawa ke dalam gim. Saat ini, kompetisi yang berlangsung masih dominasi dari luar.

“Selain regulasi, kita juga ingin esport berkembang (dengan) ‘konten lokal’, bagaimana caranya konten-konten lokal itu bisa muncul,” ungkapnya.

Sementara, adanya sentuhan budaya lokal dalam gim esport diklaim mampu menggaet kaum milenials dalam mengenal budaya Indonesia. Senada dengan hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga sendiri menilai kompetisi esport sebagai peluang.

“Kami melihat ini adalah satu peluang besar apalagi kalo kita hitung-hitung dari kalangan milenials yang bermain gim sudah lebih dari 50 juta, ini adalah peluang yang baik untuk generasi kita,” paparnya.

Latest