Monday, March 30, 2020
Home News Market Update Harga yang Terjangkau Mendorong Tumbuhnya Pasar Wearable Device

Harga yang Terjangkau Mendorong Tumbuhnya Pasar Wearable Device

-

Jakarta, Selular.ID – IDC memperkirakan pengiriman di pasar global untuk produk-produk wearable device akan tumbuh lebih dari 70% tahun-ke-tahun pada 2019 didorong oleh penurunan ASP (average selling price) dan meningkatnya penjualan yang perangkat dengar (hearable).

Pengiriman pada 2019 diperkirakan akan mencapai 305,2 juta unit, meningkat 71,4 persen. Begitu pun dengan hearable diproyeksikan menjadi 139,4 juta unit.

IDC mendefinisikan earwear sebagai produk yang menawarkan fungsionalitas di luar audio, termasuk asisten pintar, pelacakan kesehatan dan kebugaran, atau peningkatan pengalaman audio.

Direktur penelitian IDC wearable Ramon Llamas menyebutkan bahwa produk pakaian dimulai sebagai perangkat untuk pengadopsi awal dan berubah menjadi beberapa perangkat untuk pasar massal.

Dengan animo konsumen yang sangat baik, IDC memperkirakan pengiriman secara keseluruhan akan terus tumbuh pada tahun-tahun mendatang mencapai 273,7 juta pada 2023, sekali lagi karena harga yang menguntungkan alias terjangkau.

Jitesh Urbani, manajer penelitian pelacak perangkat seluler IDC menambahkan “pengurangan drastis dalam” ASP mendukung pertumbuhan produk yang dapat dikenakan.

“Pemimpin pasar seperti Apple yang biasanya fokus pada segmen premium juga memainkan peran penting dalam menurunkan harga. Dengan harga mulai $ 199 untuk Seri 3, Apple memberi tekanan pada pembuat jam tangan pintar lainnya untuk membuat perangkat mereka lebih ramah dompet,” katanya.

IDC pada pekan lalu mengungkapkan bahwa perangkat dengar (hearable) berkontribusi terhadap kenaikan 94,6% dalam pengiriman keseluruhan selama Q3, dengan perangkat menyumbang 40,7 juta dari total 84,5 juta unit yang bergeser pada periode tersebut.

Latest