Monday, March 30, 2020
Home News Market Update Besarnya Populasi Anak Muda, Jadi Pendorong Pertumbuhan Smartphone di Indonesia

Besarnya Populasi Anak Muda, Jadi Pendorong Pertumbuhan Smartphone di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Lembaga survey pasar terkemuka, Canalys melaporkan bahwa Indonesia mencatat pertumbuhan tercepat dari sepuluh pasar smartphone global pada kuartal ketiga, dengan pengiriman naik hingga 29 persen tahun-ke-tahun.

Sebagai negara dengan peringkat pasar terbesar keempat di dunia, analis Canalys Matthew Xie, mengatakan Indonesia menawarkan potensi yang kuat untuk pertumbuhan karena “populasi muda yang besar” dan penetrasi smartphone yang relatif rendah.

Dalam laporan itu, Canalys menyebutkan pengiriman mencapai 11,5 juta di Q3, dengan pertumbuhan tahunan yang meningkat dibandingkan dengan kuartal kedua, ketika pengiriman naik sebesar 10 persen.

Dengan pertumbuhan yang mengesankan itu, Nicole Peng, VP of Mobility Canalys, mengatakan pasar Indonesia siap untuk memberikan “pertumbuhan yang kuat dalam 12 bulan ke depan berkat dorongan pemasaran dari vendor utama dan penyegaran produk yang cepat”.

Oppo mempertahankan keunggulannya untuk kuartal kedua berturut-turut, mengambil 22,7 persen pangsa pasar setelah mencatatkan pertumbuhan tahunan 47 persen menjadi 2,6 juta unit. Bagi Oppo, Indonesia adalah pasar vendor terbesar kedua di luar China, terhitung 8 persen dari pengiriman globalnya.

Xie mengatakan Oppo secara agresif meningkatkan investasi dalam pengembangan saluran offline, memperluas tim penjualan lokalnya dan memperluas jangkauan geografis toko ritelnya.

Pengiriman Xiaomi yang berada di urutan kedua meningkat 22 persen menjadi 2,5 juta, 21,6 persen, mengungguli Samsung yang mengirim 2,4 juta unit, naik 16 persen.

Vivo tetap keempat dengan pengiriman 1,9 juta unit naik 74 persen dan pangsa pasar meningkat lebih dari 4 poin persentase menjadi 16,6 persen.

Xie mengatakan stabilisasi rupiah terhadap dolar AS tahun ini memperkuat kepercayaan investasi vendor luar negeri di Indonesia.

Latest