Thursday, August 6, 2020
       
Home Buyer's Guide 8 Perbedaan Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A

8 Perbedaan Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A

-

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi baru saja merilis dua smartphone 8 Series, yakni Redmi 8 dan Redmi 8A. Keduanya disebut menjadi smartphone penutup akhir tahun bagi perusahaan asal Tiongkok itu.

Meski keduanya hadir bagi segment entry-level, namun tetaplah berbeda. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli yang mana, lebih baik simak lebih dulu perbandingan spesifikasi dari Xiaomi Redmi 8 dan 8A secara khusus dari Selular.ID.

1. Kamera

Duo Redmi 8 Series ini mengemas kamera yang berbeda. Pasalnya, Redmi 8 tampil dengan konfigurasi dual-camera, yakni 12MP dan 2MP. Adapun, ‘Adiknya’, Redmi 8A hanya dilengkapi dengan single camera sebesar 12MP.

Hal itu juga berpengaruh terhadap fitur pendukung fotografi. Dalam Redmi 8, pengguna bisa memotret objek dengan fitur ‘Bokeh’. Sedangkan, Redmi 8A tak menyediakan fitur itu karena tak memiliki lensa kedalaman sebesar 2MP.

2. Fingerprint

Kali ini, Redmi 8 juga lebih unggul di sisi akse keamanan yang lebih lengkap. Xiaomi menyematkan fingerprint pada panel belakang Redmi 8 di bawah dual-camera. Sayangnya, Redmi 8A belum memiliki pemindai sidik jari tersebut.

3. IR Blaster

Seperti ponsel Xiaomi lainnya, Redmi 8 juga didukung dengan teknologi IR Blaster. Fitur ini memungkinkan bagi pengguna untuk memakainya sebagai remote bagi perangkat elektronik lain. Namun, Xiaomi tak menyematkan IR Blaster di Redmi 8A, sehingga pengguna nantinya tak bisa menggunakannya sebagai remote.

4. RAM dan Penyimpanan Internal

Meski rilis secara bersamaan, serta berada dalam satu segmentasi yang sama, Xiaomi tetap menawarkan konfigurasi memori yang berbeda. Khusus Redmi 8, menawarkan 2 opsi, yakni RAM 3GB/32GB dan RAM 4GB/64GB. Sementara, Redmi 8A hanya tampil dengan 1 konfigurasi lebih rendah, yaitu 2GB/32GB.

Keduanya dilengkapi dengan slot Micro SD yang penyimpanannya bisa ditambah hingga 512GB.

5. Finishing

Keduanya menawarkan 3 opsi warna, namun finishing panel belakang layar berbeda. Redmi 8 dikemas dengan tampilan glossy, sedangkan 8A memiliki matte finish. Jadi, pantulan holografik layaknya tren saat ini hanya dimiliki oleh Redmi 8.

Adapun Redmi 8 Series sama-sama memiliki 3 opsi warna. Untuk Xiaomi Redmi 8 tampil dengan warna Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue. Sedangkan, Redmi 8 tiba dengan opsi warna Midnight Black, Sunset Red, Ocean Blue.

6. Bobot

Kedua ponsel memiliki dimensi sama yakni 156,48×75,41×9,4mm. Namun keduanya berbeda dalam hal berat.

Redmi 8A mempunyai bobot 188g ssmebtara Redmi 8 berbobot 190g.

7. Harga

Untuk harga, tentunya berbeda, berikut daftar harga Redmi 8:

  1. RAM 3GB/32GB dibanderol Rp1.749.000
  2. RAM 4GB/64GB dibanderol Rp1.849.000

Sedangkan, Redmi 8A dibanderol Rp1.449.000 untuk varian RAM 2GB/32GB.

8. Penjualan

Keduanya akan mulai dijual pada hari festival belanja 12.12. Namun mereka dijajakan di e-commerce berbeda.

Jika Anda mengincar Redmi 8, Anda harus membuka platform Lazada, sedangkan Redmi 8A eksklusif tersedia di Shopee.

Untuk channel offline, nantinya keduanya akan tersedia di Authorized Mi Store.

Persamaan

Berada pada seri sama, Xiaomi menyematkan banyak komponen sama ke dalam Rrdmi 8 dan Redmi 8A.

Di bagian layar, keduanya dilengkapi dengan perlindungan corning gorilla glass. Adapun layar HD+ 6,22 inci memiliki ratio sebesar 19:9.

Di bagian dapur pacu, duo Redmi 8 Series ditenagai oleh Snapdragon 439. Lebih lanjut duo ini juga dilengkapi baterai 5000mAh dengan dukungan fast charging 18W melalui port USB Type C.

Baca juga: Realme C2 dan Redmi 8A, Mana Lebih Menawan?

Meski perbedaannya tergolong sedikit, namun hal ini tetap bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilihnya. Jika Anda ingin memiliki smartphone dengan teknologi saat ini seperti finger print dan dual-camera, bisa memilih Xiaomi Redmi 8. Sebaliknya, Redmi 8A bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tak perlu spesifikasi muluk-muluk dan bisa didapatkan dengan harga minim.

Kendati demikian, semua ini perlu penyesuaian dari kebutuhan akan smartphone Anda. Jika ingin memboyong salah satu Redmi 8 Series, bisa mengunjungi situs belanja online yang telah disebutkan tadi atau dalam laman resmi milik Xiaomi.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest