Friday, December 6, 2019
Home News Yahoo Jepang Merger Dengan Line

Yahoo Jepang Merger Dengan Line

-

Jakarta, Selular.ID – Yahoo dan Line akan bergabung menjadi satu perusahaan teknologi. Kedua perusahaan tersebut masih berdiskusi mengenai kebijakan yang tepat soal penggabungan keduanya.

Dikutip Reuter, menurut laporan Nikkei, kedua perusahaan masih membahas ketentuan kesepakatan. Line mengoperasikan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di Jepang. Selain aplikasi percakapan, Line mengoperasikan Line Pay, Line Taxi, dan layanan lainnya.

Namun, persaingan di sektor perpesanan makin ketat dan nampaknya Line mulai tertinggal. Sejak tiga tahun lalu, saham Line sudah IPO (Initial public Offerings) di Tokyo dan New York. Namun pendapatannya terus menurun. Pihak manajemen Line gagal memproyeksikan kesempatan pada masa depan dan mandegnya pengembangan inovasi produk inti.

Selain itu, pihak manajemen juga menunjukkan inisiatif kecil dalam upaya ekspansi secara geografis. Perusahaan juga terus menerus berkutat pada stiker, emoji, dan kartun yang menjadi salah satu fitur perpesanan. Namun, layanan perpesanan hanya menyumbang 13 persen pendapatan total dan stagnan.

Sementara Yahoo Jepang 100 persen dimiliki oleh Z Holdings, sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan telekomunikasi Jepang SoftBank. Ketika Verizon mengakuisisi Yahoo pada tahun 2017, Verizon tidak mengakuisisi saham Yahoo di Alibaba dan Yahoo Jepang.

Baca Juga :Pengguna Line Kini Bisa Kustom Stiker Sendiri

Yahoo menciptakan perusahaan bernama Altaba untuk memegang saham-saham itu.
Altaba pertama kali menjual sahamnya di Yahoo Jepang. Pada Juli 2018, SoftBank mengakuisisi bagian dari saham Altaba di Yahoo Jepang untuk meningkatkan kepemilikannya atas Yahoo Jepang.

Altaba kemudian menjual sisa saham Yahoo Jepang, saham Alibaba dan ditutup . Pada tahun 2019, SoftBank menerima saham tambahan untuk menjadi perusahaan induk Yahoo Jepang .
Yahoo Jepang cukup besar di Jepang, perusahaan memiliki bisnis periklanan online, bisnis e-commerce, layanan keuangan dan banyak lagi. Yahoo Jepang dan Line mungkin berharap untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan keterlibatan dengan merger.

Latest