Saturday, December 14, 2019
Home News Teknologi AI Bantu Lengkapi Kebutuhan Era Digital

Teknologi AI Bantu Lengkapi Kebutuhan Era Digital

-

Jakarta, Selular.ID – Saat ini dunia telah memasuki era digital, termasuk dalam penyimpanan data yang kini dilakukan melalui ‘Cloud’. Penyimpanan data jenis ini merambah ke dalam berbagai ranah, baik bagi perusahaan maupun pemerintahan.

Khusus untuk perusahaan, terdapat beberapa jenis yang menggunakan strategi berupa ‘Value Network’. Strategi ini dilakukan setiap perusahaan untuk menjadi penghubung antara konsumen dengan penjual layanan ataupun produk. Beberapa diantaranya adalah Gojek, Tokopedia dan Bukalapak.

Baca juga: Qlue Kembangkan Teknologi AI Untuk Pelayanan Publik dan Bisnis

Hampir seluruh perusahaan dengan strategi  ‘Value Network’, membutuhkan dukungan teknologi AI dalam mengolah datanya.

“Kalau Value Network yang penting adalah data dan AI, untuk menghubungkan siapa yang punya resource dan siapa yang mebutuhkan resource,” ujar Tan Wijaya selaku President Director PT IBM Indonesia dalam acara Data dan AI Forum by IBM, Selasa (5/11).

Perlu diketahui, teknologi AI ini akan memungkinkan untuk mengolah Big Data dengan cara yang lebih cerdas. Dengan AI maka pengolahan data baik untuk kebutuhan marketing ataupun lainnya akan diidetifikasikan dengan mudah.

Baca juga: IBM dan Beberapa Partner Bergabung Untuk Ubah Bisnis Digital

Kendati demikian, Tan mengungkapkan AI juga memerlukan adanya pelatihan khusus agar hasilnya lebih sesuai dengan yang diharapkan. Menurut Tan, cara melatihnya cukup dengan mencari sample lalu menginputnya ke dalam AI.

“Jadi AI itu bukan tentang probabilitas, kemungkinannya berapa persen, tetapi tentang kepastian. semakin banyak dilatih, maka AI akan semakin pintar,” tegas Tan.

Latest