Wednesday, November 13, 2019
Home News Social Media Tantang Spotify, YouTube Music Premium Hadir di Indonesia

Tantang Spotify, YouTube Music Premium Hadir di Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Industri music streaming tanah air kedatangan pemain baru dari raksasa Google. Setelah ada Joox dan Spotify, kini YouTube Music resmi hadir di Indonesia.

Aplikasi sekaligus web player ini dikatakan telah didesain ulang khusus untuk mendengarkan musik, yang menyediakan lagu-lagu dan official album, ribuan playlist, dan stasiun radio artis, dipadukan dengan deretan remix video dari YouTube seperti video pentas live, lagu cover, sampai video musik.

Meskipun itu semua bisa dinikmati gratis melalui versi YouTube Music yang didukung iklan, Google juga mengumumkan YouTube Music Premium, yakni opsi langganan berbayar yang dapat memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain, menulis pesan chat/SMS, atau bahkan saat berolahraga dalam keadaan ponsel terkunci.

YouTube Music Premium juga menawarkan fitur download offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan, yang bisa dinikmati mulai dari Rp49.000 per bulan.

Untuk pembayaran, saat ini Youtube Music Premium hanya menerima metode potong pulsa (semua operator) dan kartu kredit.

Pada acara peluncuran di Jakarta, melalui video conference, Ruuben Van Den Heuvel, Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU_NZ), YouTube and YouTube Go, mengatakan, kekayaan budaya musik dan talenta musik di Indonesia kini punya ‘rumah’ di YouTube, dan perusahaannya sangat antusias untuk semakin mendekatkan mereka kepada para pengguna dengan meluncurkan YouTube Music di Indonesia.

“YouTube Music kami buat untuk membantu banyak orang menemukan musik yang mereka suka, dan menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, lebih cerdas, dan lebih imersif bagi para pecinta musik di Indonesia dan di seluruh dunia. Mulai dari rekomendasi video musik, pentas live, lagu cover, sampai video baru, semuanya ada di sini, dan hanya di sini, di YouTube Music,” imbuhnya.

Ruuben Van Den Heuvel menuturkan fitur andalan Youtube Music adalah penelusuran yang pintar. Walau Anda tak tahu judulnya, platform akan menemukan lagu yang Anda maksud. Misal: “Lagu dengan lirik ‘izinkan aku untuk terakhir kalinya’? Serahkan pada kami. Anda juga bisa telusuri liriknya (meskipun lirik yang Anda cari pun salah),”

Kendati bernama “Music”, namun platform ini ‘turunan’ dari Youtube, yang merupakan gudang video terbaru dan terpopuler. Dengan YouTube musik, Anda bisa tahu apa saja video terbaru dan terpopuler. Semuanya dimasukkan di kolom Hotlist.

Di Indonesia, kolom Hotlist menampilkan “Hotlist Pop Indonesia”, “Hotlist Musik Dance Indonesia”, “Hotlist Heavy Rock Indonesia”, “Hotlist Rock Indonesia”, “Hotlist Indie Indonesia”, dan “Hotlist Hip Hop Indonesia”

Menyediakan pengalaman seamless, Youtube Music menyediakan mode beralih audio/video secara kilat, cukup dengan sekali tekan tombol. Fitur unik ini memudahkan pelanggan YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, untuk pengalaman mendengarkan dan menonton musik yang lancar.

Aplikasi Youtube Music sudah tersedia di Google Play Store dan iOS App Store hari ini, Kamis, 7 November 2019.

Sebagai perkenalan, perusahaan menawarkan paket khusus 3 bulan gratis untuk YouTube Music Premium (sampai dengan 26 November 2019).

Selain itu, YouTube juga menghadirkan YouTube Premium ke Indonesia. YouTube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp59.000 per bulan, yang mencakup langganan YouTube Music Premium, dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutaran latar belakang serta download offline untuk jutaan video di YouTube.

Latest