Wednesday, November 13, 2019
Home Devices Wearable Devices Fitbit Dibeli Alphabet Senilai Rp29,5 Triliun

Fitbit Dibeli Alphabet Senilai Rp29,5 Triliun

-

Jakarta, Selular.ID – September lalu, perusahaan pelacak kebugaran dan produsen jam tangan pintar Fitbit dikabarkan akan dijual. Satu pembeli potensial muncul di perbincangan adalah Google.

Rumor kian memanas awal pekan ini dan hari ini kesepakatan itu akhirnya resmi. Induk usaha Google Alphabet akan membeli Fitbit senilai $2,1 miliar atau setara Rp29,5 triliun dalam transaksi yang akan ditutup tahun depan.

Fitbit dikenal sukses lewat pelacak kebugarannya, namun perusahaan agak kurang beruntung dengan lini smartwatch-nya.

Google mengatakan bahwa pembelian Fitbit akan menciptakan peluang berinvestasi lebih banyak di Wear OS. Ini juga bisa menjadi berita baik bagi pengguna yang berharap melihat Pixel Watch menghiasi pergelangan tangan mereka di masa mendatang.

Bahkan, dalam siaran pers Google sendiri yang dikeluarkan hari ini, perusahaan menyatakan bahwa transaksi itu bisa mengarah ke “memperkenalkan wearable device Made by Google ke pasar.”

Mungkin Pixel Watch bukan gol utama saat ini karena Google merasa Wear OS belum sepenuhnya siap untuk debut di perangkat premium dan pengembangan lebih lanjut yang dilakukan Google dengan OS ini disambut baik.

Google mengatakan bahwa data kesehatan dan kebugaran Fitbit tidak akan digunakan untuk menayangkan iklan Google. Pengguna tidak akan melihat adanya perubahan dalam cara perangkat Fitbit menangani data pribadi pengguna.

Goolge menyatakan bahwa “mirip dengan produk kami yang lain, dengan perangkat yang dapat dikenakan, kami akan transparan tentang data yang kami kumpulkan dan mengapa. Kami tidak akan pernah menjual informasi pribadi kepada siapa pun. Data kesehatan dan kebugaran Fitbit tidak akan digunakan untuk iklan Google. Dan kami akan memberi pengguna Fitbit pilihan untuk meninjau, memindahkan, atau menghapus data mereka.”

Fitbit telah menjual lebih dari 100 juta perangkat dan memiliki jutaan pengguna aktif. Dalam siaran persnya sendiri, Fitbit mencatat bahwa wearable device-nya akan tetap kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Fitbit memasuki pasar smartwatch dengan Ionic, sebuah perangkat yang tidak menarik massa. Konsumen wanita dilaporkan enggan menggunakan jam berlayar besar dan jumlah aplikasi yang tersedia tidak menggairahkan masyarakat.

Tahun lalu Fitbit meluncurkan Versa dan meneruskannya dengan Versa 2. Smartwatch terbaru Fitbit menghadirkan integrasi dengan asisten virtual Alexa Amazon.

Ketika Google menghabiskan $40 juta awal tahun lalu untuk membeli properti intelektual pembuat jam Fossil, ternyata transaksi itu sebenarnya tentang perburuan 20 insinyur dari Fossil.

Pembelian Fitbit tentu memiliki cakupan yang jauh lebih besar yang berarti bahwa Google akan mengambil alih kendali atas insinyur, kekayaan intelektual, penelitian dan pengembangan, dan kemampuan pelacakan kebugaran yang akan sangat berguna pada Pixel Watch nantinya. Mungkin.

Latest