Sunday, December 15, 2019
Home News Kemenperin Kantongi ISO 27000 untuk Kelola SIBINA

Kemenperin Kantongi ISO 27000 untuk Kelola SIBINA

-

Jakarta, Selular.ID – Keamanan data yang akan dikelola oleh Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (SIBINA) banyak diragukan pengelolaannya dalam sistem validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). Namun Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tegas menjamin keamanannya.

Bagian IT Kemenperin yang mengelola SIBINA saat ini dsampaikan Komisioner BRTI Agung Harsoyo, telah mengantongi ISO27000. Karena itu, Agung berani menjamin kemampuan mereka dalam keamanan data masyarakat.

ISO27000 adalah sertifikasi yang menjadi acuan bagi komunitas IT seluruh dunia yang merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen kemanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).

“Jadi bisa dikatakan pengelolaan SIBINA ada garansi aman. Setiap tahun sertifikasi ini diaudit, tidak hanya produk, termasuk sistem dan orangnya,” jelas Agung.

Lebih lanjut Agung juga menyampaikan bahwa sistem SIBINA mengadopsi multiway authentication. Sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya. Orang yang mengakses pun tercatat.

“Setiap orang yang bersentuhan dengan sistem harus menandatangani non disclosure agreement (NDA). Dan ada mekanisme kalau orang tidak di situ langsung dihapus hak aksesnya. Jadi tidak bisa lagi akses melalui remote sekalipun,” tegasnya.

Selain itu, terkait keamanan data pelanggan yang dikirim operator untuk diolah SIBINA memiliki enkripsi tambahan.

“Jadi selain data IMEI, operator menambahkan variable tambahan yang terenkripsi, hanya pihak pemilik data saja yang bisa mendeskripsi data tersebut,” pungkasnya.

Latest