Friday, October 18, 2019
Home News Market Update Aturan Imei Mengancam iPhone dan Xiaomi?

Aturan Imei Mengancam iPhone dan Xiaomi?

-

Jakarta, Selular. ID – Aturan validasi International Mobile Equipmenet Identity (IMEI) yang akan memblokir ponsel black market (BM) belum juga terbit. Padahal sebelumnya aturan ini akan terbit pada Agustus 2019.

Namun, dampak dari gembar gembor aturan itu sudah terlihat. Sejumlah pedagang ITC Roxy Mas Jakarta Pusat mengatakan, kalau sudah sekitar dua bulan lalu, para pedagang sudah jarang menjual smartphone garansi distributor, yang digadang -gadang sebagai barang BM.

Udin, Manager Chans Cellular ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, mengungkapkan sudah sejak lama pemberitahuan harga dan ketersediaan barang diinformasikan distibutor melalui aplikasi pesan singkat.

“Ini bisa dilihat semuanya garansi resmi, cuma ada 3 item yang garansi distributor, biasanya banyak,” ujar Udin sembari menunjukan isi pesan singkat, di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat(08/09/19)

Udin mengatakan jika aturan Imei diberlakukan, tentunya sebagai pedagang dia melihat akan berdampak pada turunnya penjualan. Pasalnya, diakui Udin dari total penjualan selama ini, tidak semua pembeli memilih ponsel garansi resmi.

Harga murah menjadi alasan pembeli memilih garansi distibutor.  Menurut Udin, selisihnya mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta, untuk garansi resmi dan distributor.

“Itung-itungan pedagang sih seperti itu, namun kan disini kami tidak hanya jual garansi distributor saja, seri lain garansi resmi sekarang harganya juga banyak yang murah,” kata Udin lagi.

Hal senada pun diungkapkan Iqbal, karyawan Medcom ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, dikatakan Iqbal hampir semua pedagang sudah mengetahui aturan Imei itu. Namun ketika ditanya dampak yang terjadi jika aturan Imei diberlakukan, Iqbal enggan berkomentar banyak.

“Gimana ya, pasti akan ada dampaknya tapi saya kurang paham kalau ditanya lebih jauh,” tutur Iqbal.

Jimmy, Manager Wilma Cellular ITC Roxy Mas Jakarta Pusat, baru-baru ini mengatakan, sudah jarang barang – barang garansi distributor, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Kalaupun ada hanya seri-seri tertentu.

Untuk saat ini Xiaomi garansi distributor hanya 3 item yang tersedia yakni Mi Pad 4, Mi Band 3 dan earbud. Sementara garansi resmi Redmi Note 7, Redmi Note 6 pro, Redmi 6A, dan Mi A2 diluar seri itu, Jimmy menyebutkan tidak tersedia.

“Kemarin saya jual iPhone 6+ biasanya yg 64GB harganya Rp2,7 juta, sekarang Rp3.7 jutaan, garansi distibutor, garansi Internasionalnya kosong,” ujar Jimmy

Baca Juga : Pemblokiran IMEI Berpotensi Merugikan Konsumen

Untuk diketahui, regulasi Imei ditujukan salah satunya untuk memberantas peredaran ponsel BM yang beredar saat ini.

Jika diberlakukan, aturan Imei akan jadi dasar hukum operator telekomunikasi untuk melakukan pembatasan layanan telekomunikasi terhadap ponsel BM dengan nomor Imei tidak terdaftar di Kemenperin.

Imei adalah identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor desimal unik yang diperlukan untuk mengidentifikasi Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

Latest