Wednesday, November 20, 2019
Home News Enterprise XL Axiata Akan Jangkau Komunitas Untuk Penyebaran NB-IoT

XL Axiata Akan Jangkau Komunitas Untuk Penyebaran NB-IoT

-

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata telah meluncurkan secara komersial jaringan berteknologi Narrowband IoT (NB-IoT) di 31 kota/kabupaten di Indonesia.

Meskipun siapkan untuk kebutuhan industri seperti peternak atau universitas dalam skala besar, namun Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, menjanjikan bahwa NB-IoT XL Axiata memfasilitasi ekosistem yang ada. Seperti menjangkau komunitas, misalnya komunitas anggrek.

“Memfasilitasi tidak industri dan universitas saja, tapi komunitas yang misalnya anggotanya membutuhkan 10 sensor, kami akan sediakan,” ujar Feby di Jakarta (25/09/19).

Menurut Feby, bisnis ini akan berkembang seiring dengan perkembangam volume yang ada, dan komunitas pun menjadi target market XL Axiata untuk penyebaran NB-IoT.

Namun ketika disinggung mengenai target sampai akhir tahun, Feby pun enggan menjawab secara pasti, menurutnya 15 sampai 20 industri perternakan yang ada juga menjadi targetnya.

“Kalau ditanya target ya pastinya banyak,” ujar Feby.

Secara teknis, jaringan NB-IoT prinsip kerjanya sama dengan teknologi selular secara umum. Hal yang membedakan adalah modul komunikasi yang ada pada perangkat IoT yang hanya dapat bekerja pada jaringan NB-IoT pada frekuensi 900 MHz (band 8).

Baca Juga :Kembangkan Potensi Bisnis IoT, XL Axiata Andalkan NB-IoT di 31 Kota

Dengan menggunakan frekuensi yang rendah, jaringan NB-IoT dengan LPWA (Low Power Wide Area), artinya daya yang digunakan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan sangat kecil namun cakupan jangkauannya sangat luas, sehingga jaringan tersebut lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan jaringan selular lainnya untuk use case IoT yang tidak membutuhkan bandwidth besar.

Latest