Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda News Enterprise VMware Tanzu, Solusi Perusahaan dalam Mengelola Software

VMware Tanzu, Solusi Perusahaan dalam Mengelola Software

-

Jakarta, Selular.ID – Di perhelatan akbar VMworld 2019, VMware meluncurkan VMware Tanzu, yakni serangkaian portofolio produk dan layanan yang mendukung terlaksananya transformasi bagi enterprise dalam membangun, menjalankan, dan mengelola peranti lunak di Kubernetes.

Portofolio yang diumumkan ini meliputi Project Pacific yang masih dalam versi technology preview yang difokuskan untuk mendukung transformasi VMware vSphere ke platform native Kubernetes pada versi-versi yang akan dirilis mendatang; serta VMware Tanzu Mission Control, yakni sebuah pusat kontrol yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola seluruh klaster Kubernetes mereka, terlepas di manapun lokasi klaster tersebut bernaung.

Modern datacenter. Cloud computing. 3d rendering

Chief Operating Officer, Products and Cloud Services, VMware, Raghu Raghuram, mengatakan, saat ini, banyak organisasi punya mimpi dapat menggandeng mitra yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, seiring dengan gencarnya kebutuhan untuk migrasi ke aplikasi-aplikasi modern.

“Kami siap membantu pelanggan membangun aplikasi dengan menghadirkan platform, tools, dan layanan untuk pengembang, seperti yang disediakan oleh Pivotal. Kami juga siap mendukung mereka dalam menjalankan aplikasi melalui kehadiran Project Pacific dengan mentransformasikan vSphere ke dalam platform native Kubernetes, serta dalam mengelola footprint Kubernetes yang luas di beragam lingkungan yang berbeda, dari satu titik kontrol terpusat yang terdapat pada VMware Tanzu Mission Control.”

VMware Dukung Perusahaan Mengoptimalkan Seluruh Potensi Kubernetes

Produk dan layanan VMware Tanzu mendukung enterprise dalam membangun aplikasi-aplikasi modern, mengoperasikan Kubernetes secara konsisten di beragam jenis lingkungan, serta dalam mengelola seluruh klaster Kubernetes dari satu titik kontrol terpusat. VMware Tanzu memiliki serangkaian kapabilitas yang mencakup untuk:

1. Membangun Aplikasi Modern dengan Dukungan Peranti Lunak Rantai Suplai Modern

Komitmen VMware terwujud melalui investasi besar-besaran dalam menghadirkan portofolio tools untuk pengembang serta peranti lunak modern untuk rantai suplai yang komprehensif, yang mencakup: Pivotal, Bitnami, dan ISV Ecosystem.

2. Menjalankan Aplikasi-Aplikasi Modern yang Memanfaatkan Kubernetes

Peluncuran VMware Tanzu juga tak lepas dari peluncuran Project Pacific yang difokuskan dalam mendukung transformasi VMware vSphere ke platform native Kubernetes. Solusi ini mendukung dihadirkannya potensi-potensi baru bagi ratusan hingga ribuan pelanggan vSphere.

Terobosan baru yang dihadirkan dalam pengembangan ulang arsitektur platform tersebut diharapkan dapat mendukung diakselerasikannya pengembangan dan dioperasikannya aplikasi-aplikasi modern di vSphere, sekaligus mampu mengoptimalkan pendayagunaan seluruh investasi di bidang teknologi, tools, dan skillsets yang telah mereka miliki selama ini. Project Pacific akan mencakup sejumlah kapabilitas berikut ini:

  • vSphere dengan Native Kubernetes
  • Pengelolaan yang Difokuskan ke Aplikasi
  • Kolaborasi Dev dan IT Ops

Perusahaan yang ingin segera dapat memulai pemanfaatan Kubernetes di vSphere bisa mengadopsi VMware PKS sekarang juga. VMware PKS merupakan penawaran flagship dari VMware untuk Kubernetes dan telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar dan paling kompleks di dunia.

Solusi tersebut membantu mereka dalam menggelar, menjalankan, dan mengelola Kubernetes untuk mendukung produksi di lingkungan multiple cloud.

3. Mengelola Infrastruktur Multi-cloud dan Multi-cluster

VMware Tanzu juga merilis solusi VMware Tanzu Mission Control dalam versi technology preview. VMware Tanzu Mission Control menghadirkan satu pusat kendali bagi pelanggan untuk mengelola seluruh klaster Kubernetes konforman milik mereka, terlepas dari mana mereka dijalankan, apakah itu di vSphere, public clouds, layanan terkelola, distribusi terpaket, maupun do-it-yourself (DIY) Kubernetes.

Layanan terbaru ini akan mencakup beragam kapabilitas secara luas yang didukung oleh portofolio produk-produk Kubernetes. Kapabilitas-kapabilitas tersebut, mencakup:

  • Visibilitas bagi Administrator ke Seluruh Klaster Kubernetes
  • Kontrol Kebijakan bagi Operator
  • Independensi Pengembang

Prinsip utama dari dihadirkannya portofolio VMware Tanzu adalah bagaimana dapat mengoptimalkan seluruh keunggulan yang dihadirkan oleh peranti lunak sumber terbuka.

VMware Tanzu Mission Control diharapkan akan dapat mendukung Cluster API untuk pengoptimalisasian Lifecycle Management, Velero untuk mendukung pengoptimalisasian proses pencadangan/recovery, Sonobuoy untuk mendukung optimalisasi dalam mengontrol konfigurasi, serta bagi Contour dalam menghadirkan kontrol di jalan masuk secara lebih optimal.

VMware kini masuk dalam jajaran tiga kontributor terbesar bagi Kubernetes.

Latest