Friday, November 15, 2019
Home News Menunggu Cetak Biru Ibukota Baru, Telkomsel Lakukan Langkah Inisiatif

Menunggu Cetak Biru Ibukota Baru, Telkomsel Lakukan Langkah Inisiatif

-

Jakarta, Selular.ID – Pemerintah sudah mengumumkan kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Passer Utara sebagai daerah calon ibukota baru. Meski demikian, posisi pasti dan cetak biru infrastruktur untuk rencana besar pemerintah tersebut belum tersedia.

Sambil menunggu, Rahmad Putra Jaya, GM Network Operation Quality Management PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Regional Kalimantan mengatakan bahwa Telkomsel mengambil langkah inisiatif dengan menyediakan sarana telekomunikasi di infrastruktur pendukung seperti ruas jalan tol Balikpapan—Samarinda, bandara di Balikpapan, bandara di Samarinda, dan fasilitas umum lainnya.

“Kami akan menambah lima base transceiver station (BTS) baru dengan frekuensi 900 Mhz untuk ruas jalan tol Samarinda—Balikpapan,” jelasnya.

Rahmad Putra Jaya, GM Network Operation Quality Management PT Telekomunikasi

Penggunaan spektrum 900Mhz (spektrum rendah) ini ditujukan agar cakupan jaringan bisa lebih luas sesuai dengan karakteristik spektrum tersebut.

Baca juga: Mengukur Sinyal Telkomsel di Calon Ibukota Baru

Sebagai informasi, di Kalimantan Timur, Telkomsel memiliki jumlah BTS 2G dan BTS 3G, masing-masing sebanyak 1.800 BTS dan 1.900 BTS 4G

Di kabupaten PPU Telkomsel memiliki total 240 BTS dengan cakupan jaringan 4G seluas 82 persen populasi. Jumlah pelqnggan di kabupaten ini sebanyak 116 ribu dengan jumlah pelanggan data sebanyak 62 ribu.

Sementara itu di Kabupaten Kutai Kertanegara jumlah BTS Telkomsel sebanyak 380 BTS 2G, 330 BTS 3G, dan 490 BTS 4G. Adapun total keseluruhan sebanyak 1.200 BTS.

Jumlah BTS di Penajam Paser Utara masih sedikit disebabkan populasi yang terdapat di daerah tersebut belum banyak.

Latest