Monday, September 23, 2019
Home News Oppo, Xiaomi, dan Vivo Ciptakan 'Transfer File' Bersama

Oppo, Xiaomi, dan Vivo Ciptakan ‘Transfer File’ Bersama

-

Jakarta, Selular.ID – Persaingan di industri smartphone tidak menutup kemungkinan adanya kerjasama antar vendor. Baru-baru ini Xiaomi mengumumkan bersama Oppo dan Vivo, tengah menjalin aliansi bersama dalam menciptakan layanan transfer file.

Protokol itu saat ini masih dalam bentuk open beta dan akan tersedia akhir bulan ini. Layaknya fitur transfer lainnya, layanan memungkinkan perangkat dari ketiga produsen bertukar foto ataupun dokumen dengan satu klik sederhana.

Hal ini tentunya melibatkan MIUI, ColorOS, dan FuntouchOS dalam mengintegrasikan layanan mereka dilansir dari akun Wechat.

Dilaporkan dari GSMArena, layanan transfer file ini tidak akan menguras baterai serta tidak pula menggunakan koneksi 4G. Hal itu karena layanan tranfer file hanya akan menggunakan koneksi Bluetooth.

Baca juga: Selangkah Lagi, Oppo Kuasai Pasar Smartphone Asia Tenggara

Kecepatan transfer file dilaporkan mencapai 20 MB/s, sehingga film standar 720p akan ditransfer antar ponsel dalam waktu kurang dari dua menit. Diduga layanan ini akan mirip seperti AirDrop milik Apple yang memungkinkan penggunanya mentransfer file antar sesamanya.

Hingga saat ini, aliansi transfer file dari vendor China tersebut hanya memiliki tiga anggota saja. Xiaomi mengatakan masih terbuka kemungkinan bagi vendor smartphone lain yang ingin bergabung. Ada kemungkinan merek seperti Realme dan Redmi juga akan menjadi bagian dari tim, mengingat perusahaan induk mereka ada di dalamnya.

Menurut sebuah laporan oleh Counterpoint, Xiaomi, Oppo, dan Vivo mengirimkan lebih dari 24 persen ponsel pada kuartal terakhir di seluruh dunia. Jadi, setiap kali teknologi ini diluncurkan, jutaan konsumen akan dapat menggunakannya.

Latest