Wednesday, October 16, 2019
Home News Telco Kudo Duduki Peringkat Teratas Online Channel XL Axiata

Kudo Duduki Peringkat Teratas Online Channel XL Axiata

-

Jakarta, Selular.ID – Salah satu aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia Kudo berhasil menduduki peringkat teratas jajaran online channel XL Axiata, dalam menjajakan pulsa.

David Arcelus Oses, Chief Marketing Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata baru saja mengumumkan pendapatan perusahaan secara year on year (YoY) tumbuh 11 persen yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15 persen.

Kontribusi peningkatan pendapatan ini, tutur David, paling besar disumbang oleh pendapatan dari layanan data yang tumbuh 29 persen secara year on year. Di lain sisi, XL Axiata juga mencatat penggunaan layanan pulsa pun masih cukup dominan bagi sebagian masyarakat, khususnya yang masih menggunakan telepon dan sms sebagai alat komunikasi utama mereka.

“Dengan menggandeng Kudo sebagai channel distribusi XL Axiata, kami mampu menjangkau kebutuhan pulsa ke lebih banyak masyarakat. Terbukti pada semester satu 2019, Kudo menduduki peringkat teratas online channel untuk distribusi pulsa hingga ke daerah,” ujarnya.

Selama ini, jalur distribusi pulsa biasanya dilakukan melalui channel tradisional dan channel modern (e-banking, online commerce, dan modern retail). Melalui dua channel tersebut, masyarakat semakin dimudahkan untuk membeli pulsa hingga paket data.

Dari aplikasi Kudo sendiri menemukan nominal pembeliannya cukup beragam, dengan transaksi paling banyak untuk pulsa berkisar antara 5ribu hingga 25ribu. Walaupun nominalnya tergolong kecil, namun intensitas pembeliannya masihlah cukup tinggi melalui agen Kudo yaitu rata-rata 5-6 kali dalam satu bulan dari setiap pelanggannya.

“Kami melihat bahwa porsi konsumsi pulsa di era digital masih cukuplah besar, khususnya di daerah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kudo bermitra dengan XL Axiata, untuk memfasilitasi pembelian pulsa melalui agen Kudo yang tersebar di 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia,” ujar Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo.

Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari bisa berjualan apa saja seperti pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa kirim dan setor uang, menawarkan berbagai layanan keuangan digital, membantu tetangga mendaftar jadi pengemudi Grab. Dari berbagai produk dan layanan yang diberikan, pulsa menjadi salah satu produk dengan transaksi terbanyak di aplikasi Kudo.

Sebagai salah satu online channel XL Axiata, Kudo mencatat penjualan yang signifikan. Selama semester satu 2019, Kudo menduduki peringkat pertama untuk penjualan pulsa di kategori online channel dengan kontribusi sebesar 24% dan peringkat kedua untuk penjualan paket data setelah marketplace terbesar di Indonesia. Pada periode tersebut, Kudo berhasil mengungguli lebih dari 20 online channel XL Axiata.

Latest