Wednesday, September 18, 2019
Home News iMessage Apple Rentan Serangan

iMessage Apple Rentan Serangan

-

Jakarta, Selular.ID – Peneliti keamanan Natalie Silvanovich, dari Google Zero Project, pernah mengingkatkan kepada penggguna iPhone untuk berhati-hati.

Natalie mengungkapkan iMessage dapat menyebabkan iPhone rusak, sehingga iMessage perlu dihapus agar ponsel berfungsi dengan benar. Dilaporkan, iMessage dapat menyebabkan soagent crash dan respawn, tapi pada iPhone, kode ini ada di Springboard.

Belum reda kabar itu, Tim pemburu bug di Google telah berbagi kekurangan dalam perangkat lunak aplikasi pesan iMessage milik Apple yang dapat membuat perangkatnya rentan terhadap serangan.

Dilaporkan The Verge , para peneliti mengatakan kerentanan sangat parah sehingga satu-satunya cara untuk menyelamatkan iPhone yang terkena adalah dengan menghapus semua datanya.

Namun bisa juga pengguna menyalin file ke perangkat lain untuk menjaga keamanan data yang tersimpan. Mengenai masalah ini, Apple belum mengomentari, tapi telah mendesak pengguna untuk menginstal versi baru iOS.

Para tim Google Project Zero mengatakan mereka juga telah menandai masalah bagi Apple, yang belum diperbaiki dalam pembaruan untuk sistem operasi mobile-nya.

Sebelumnya pada Maret lalu, Google Project Zero mengungkap kerentanan di macOS setelah tenggat waktu untuk menyelesaikan masalah berakhir. Hal ini dilaporkan ke Apple pada November 2018.

Namun, bisa disebutkan kalau Google ingin mengambil mencuri perhatian pengguna iMessage, dikabarkan Google tengah mengembangkan layanan pesan instan seperti yang ada pada iPhone. Layanan tersebut dinamakan Rich Communication Services (RCS).

Seperti dilaporkan Digital Trends, RCS Chat dijanjikan hadir di Android pada akhir bulan ini. Dan akan tersedia pertama-tama untuk pengguna di Inggris dan Perancis. RCS Chat juga akan disebar di negara lain dalam waktu yang belum ditentukan.

Layanan ini kurang lebih mirip dengan iMessage yang digunakan sebagai aplikasi perpesanan di ekosistem iOS.

Latest