Wednesday, October 16, 2019
Home Tips Google 'Izinkan' Lupa Kata Sandi

Google ‘Izinkan’ Lupa Kata Sandi

-

Jakarta, Selular.ID – Sekarang pengguna tidak harus mengingat kata sandi saat memasuki layanan Google. Perusahaan mengumumkan hari ini, pengguna bisa memverifikasi identitas mereka di beberapa layanan Google di web dengan menggunakan sidik jari atau kunci layar, alih-alih kata sandi.

Sebagai awalan, pemilik smartphone Pixel akan mendapatkan fitur baru ini. Selama beberapa hari ke depan fitur akan digulirkan ke perangkat Android lainnya yang menjalankan Android 7 Nougat dan lebih tinggi.

Menggunakan otentikasi standar FIDO2, pengguna hanya perlu mendaftarkan sidik jari mereka atau kunci layar pada ponsel mereka sekali untuk bisa menggunakannya di aplikasi atau situs layanan Google yang kompatibel di internet.

Pada pengumuman ini, Google juga menegaskan sidik jari tidak pernah dikirim ke server Google dan disimpan dengan aman di ponsel pengguna. Server Google menerima bukti pemindai sidik jari pengguna dengan benar melalui pesan yang disamarkan menggunakan kriptografi.

Dan pengguna dapat menguji seberapa baik sistem baru ini bekerja dengan menjalankan sedikit tes pada perangkat Android. Pertama, perangkat harus menjalankan Android Nougat atau lebih tinggi dan mengandung Akun Google. Perangkat harus memiliki kunci layar yang valid seperti pemindai sidik jari, PIN atau kunci pola.

Kemudian, Anda mengikuti petunjuk ini:

  • Buka browser Chrome di perangkat dan buka https://passwords.google.com
  • Pilih situs untuk dilihat atau kata sandi untuk dikelola
  • Ikuti instruksi untuk memverifikasi Anda masuk.

“Manfaat menggunakan FIDO2 di Android adalah kemampuan biometrik pemindai sidik jari, untuk pertama kalinya sekarang tersedia di web, memungkinkan kredensial yang sama digunakan di aplikasi asli dan layanan web. Ini berarti pengguna hanya perlu mendaftarkan sidik jari mereka ke layanan sekali dan kemudian itu akan berfungsi untuk aplikasi asli dan layanan web. “- Google

Guna menikmati fitur ini, tidak ada yang perlu dilakukan untuk mengatur apapun di ponsel Android Anda.

Latest