Tuesday, September 17, 2019
Home News Empat Hal Penyebab Kegagalan Windows Phone

Empat Hal Penyebab Kegagalan Windows Phone

-

Jakarta, Selular.ID – Microsoft mengumumkan bahwa Windows Phone sudah tutup usia. Melaui situs resminya, Microsoft menyatakan bahwa semua produk Windows Phone tidak akan lagi menerima update sistem keamanan pada 10 Desember 2019.

Mandeknya Windows Phone di ponsel Nokia disebut-sebut menjadi kegagalan besar bagi Microsoft.

Terry Myerson, yang pernah menjabat sebagai mantan kepala Windows dan Windows Phone (engineer), pernah menuding penggunaan basis platform Windows CE yang tidak lengkap, membuat pengembang aplikasi tidak tertarik menggunakan Windows Phone.

Dilaporkan Firstpost, ada beberapa alasan yang menjapi penyebab kegagalan Windows Phone

Reputasi Microsoft

Menurut sang engineer, Microsoft memiliki reputasi yang buruk karena dianggap terlalu dominan selama dua dekade terakhir. Pandangan ini melekat di mata anak muda.Mereka pun memilih membuat startup untuk membuat platformnya sendiri

Dominasi iOS dan Android

Pada tahun 2014, orang-orang mulai terpolarisasi menjadi kubu Android dan iOS. Dua platform ini pun mendominasi hingga hari ini.

Dikatakan Myerson,bahkan jika Windows Phone memiliki aplikasi dan apa pun yang tidak dimiliki (Android dan iOS), hal itu tidak membuat mereka beralih (ke Windows Phone).

Google
Microsoft memandang Google sebagai pemain baru bukanlah sebagai ancaman. Bagi perusahaan yang bermarkas di Redmond lawan terberat mereka adalah Apple.

Android pada awal-awalnya memang tidak begitu menarik, tapi layanan Google yang lengkap membuatnya berbeda. Ketika Google kemudian menarik dukungan Youtube, Google Maps dan Gmail, membuat perangkat Windows Phone jadi kurang berharga.

Windows 8
Microsoft coba menghadirkan perubahan besar pada Windows 8 agar dapat mendukung dengan layar sentuh. Mereka memperkenalkan user interface Metro.

Hanya saja banyak yang menilai Metro menghadirkan pengalaman tidak menyenangkan. Kendati Microsoft telah memperbaikinya pada Windows 10, stigma buruk terhadap Metro belum juga pulih.

Latest