Sunday, July 21, 2019
Home News Market Update Tidak Lagi di AS, Perakitan Mac Pro Akan Dilakukan di Cina

Tidak Lagi di AS, Perakitan Mac Pro Akan Dilakukan di Cina

-

Jakarta,Selular.ID- Salah satu produk Apple akan menghentikan perakitannya di Cina dan akan berpindah ke Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya Apple mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan Mac Pro baru akan dirancang dan dikembangkan di California.

Namun, raksasa teknologi itu tak mengatakan dimana perangkat itu akan dirakit. Disebutkan Apple, bangga bisa mendukung fasilitas manufaktur di 30 negara bagian AS dan tahun lalu Apple menghabiskan USD60 miliar dengan lebih dari 9.000 pemasok di seluruh AS.

Memindahkan perakitan Mac Pro ke Cina menjadi penghematan bagi perusahaan. Sebab, komponen-komponen yang dibutuhkan untuk merakit Mac Pro tak perlu diekspor terlebih dahulu ke AS.

Seperti dilaporkan Engadget, Apple telah menggandeng brand asal Taiwan, Quanta Computer, untuk dapat memanufaktur komputer Mac Pro teranyar di Negeri Tirai Bambu.

Tak seperti mayoritas produk Apple lainnya, Mac Pro tidak dirancang untuk pasar massal. Perangkat ini merupakan komputer desktop kelas premium yang dirancang untuk perusahaan dan kalangan yang memiliki kebutuhan khusus.
Apple telah merakit Mac Pro di Austin, Texas, sejak 2013.

Nantinya, saat perakitan di Cina, disebut-sebut proses manufakturnya dikabarkan bakal berlangsung di sebuah pabrik di sekitar kota Shanghai.

Mengenai kabar ini, Apple belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar manufaktur Mac Pro di China ini.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut hanya mengatakan bahwa mereka mendesain Mac Pro di AS dan produk tersebut dirakit menggunakan sejumlah komponen yang berasal dari AS.

Alasan pemindahan perakitan itu sendiri, kabarnya Apple memang sedang mencari cara untuk melindungi lini produknya dari perang dagang AS-Cina.

Sebagai langkah alternatif, Apple dilaporkan tengah menjajaki apakah bisa memindahkan sebagian besar produksi yang kini dilakukan di Cina ke negara lain di Asia.

Latest