Friday, December 13, 2019
Home News Line Kembangkan Teknologi Berbasis AI

Line Kembangkan Teknologi Berbasis AI

-

Jakarta, Selular.ID – Line mengumumkan telah mengembangkan dan menggabungkan berbagai teknologi AI yang berbasis deep learning, termasuk asisten AI “Clova” ke dalam aplikasi pertukaran pesan Line dan beragam layanan lainnya.

Clova memungkinkan pengguna untuk memeriksa cuaca, memutar musik, dan mengirim maupun menerima pesan Line hanya dengan menggunakan suara mereka. Fungsi-fungsi ini didukung oleh teknologi AI seperti pengenalan suara dan speech synthesis.

Ada pula teknologi chatbot yang diperbaiki oleh Line Kantan Help, salah satu akun resmi Line, yang memungkinkan AI untuk merespon secara cepat pertanyaan yang dikirimkan oleh pengguna dalam ruang obrolan Line.

Teknologi lainnya adalah teknologi pengenalan karakter optic (OCR) yang digunakan dalam ruang obrolan Line dan pada aplikasi ulasan makanan LINE CONOMI, yang otomatis mengkonversi karakter yang tertangkap kamera melalui gambar atau diterima menjadi teks.

Line Brain akan menawarkan semua teknologi AI dari Line ini untuk perusahaan lainnya secara bertahap mulai dari Juli . 

Untuk lebih lanjutnya, Line Brain akan berkembang mencoba mengkombinasikan teknologi pengenalan suara Line Brain , chatbot, dan speech synthesis untuk membuat sistem balasan yang otomatis dilakukan oleh AI untuk telepon menjadi realita.

Diantisipasikan bahwa fitur ini akan dapat membuat panggilan telepon secara otomatis dalam berbagai scenario, termasuk pada layanan pelanggan, dan reservasi restoran. ​

Dengan menyediakan teknologi Line ini, Line Brain bertujuan tidak hanya membantu perusahaan lain untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari layanan mereka, tetapi juga membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah bagi pengguna yang menggunakan layanan tersebut. ​

Line Brain Chatbot 

Teknologi ini mampu memahami dan menanggapi ucapan serta dapat dihubungkan dan digunakan oleh akun resmi yang ada pada aplikasi Line maupun aplikasi lainnya. Teknologi ini bersifat interaktif dan membantu pengguna untuk menyelesaikan kegiatan mereka. AI belajar memahami pengguna bersamaan saat digunakan, sehingga mampu menghasilkan tanggapan yang sesuai.

Teknologi ini juga dapat digunakan pada layanan lainnya selain Line seperti LIne Works, Facebook, dan obrolan yang ada pada situs tertentu.

Line Brain Chatbot juga telah menunjukkan tingkat respons yang lebih tepat dibandingkan dengan teknologi chatbot lainnya. Teknologi ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyediakan jawaban terhadap daftar FAQ perusahaan. ​

Line Brain OCR 

Teknologi ini mengubah huruf dan kalimat dalam gambar menjadi data berbentuk teks, dan telah mengungguli kompetisi pada konvensi internasional untuk mendemonstrasikan tingkat akurasi yang tinggi dalam mengenali karakter yang ada pada foto, teks yang dipindai atau dicetak, ataupun screenshot.

Dalam ICDAR, LINE BRAIN OCR melampaui teknologi AI yang dimiliki ooleh competitor dan mendapatkan posisi pertama secara global dalam 4 area per 29 Maret 2019. Teknologi ini dapat digunakan untuk membaca teks pada formulir aplikasi, formulir pemesanan, invoice, serta tanggal, barang, dan jumlah pada tanda terima, atau SIM, kartu My Number, dan dokumen lain yang diperlukan untuk proses verifikasi identifikasi (eKYC). 

Line Brains Speech to Text (STT)

Teknologi ini mengubah ucapan manusia menjadi teks dan juga mendukung panggilan suara via telepon dan VolP. Teknologi ini juga mampu untuk menangani respons otomatis secara real-time untuk call centers dan menyalin teks dari dokumen yang panjang melalui proses pengelompokan.

STT juga mampu untuk menangani nama produk dan kata-kata unik lainnya (yang memiliki akurasi rendah dalam pengenalan suara), sehingga diharapkan teknologi ini dapat digunakan di customers service untuk menyalin subtitle video dan menyiapkan notulensi rapat. 

Latest