Saturday, November 23, 2019
Home Smartphone Fokus ke Ponsel Game, MediaTek Umumkan Helio G90

Fokus ke Ponsel Game, MediaTek Umumkan Helio G90

-

Jakarta, Selular.ID – Maraknya game mobile populer dengan grafis kelas berat mendesak vendor smartphone menyisipkan prosesor handal ke dalam perangkat. Usai Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 855+ dan Huawei menghadirkan Kirin 980, sekarang giliran produsen chipset Taiwan MediaTek mengumumkan prosesor andalan terbaru, Helio G90 dan G90T.

Kedua chipset mengusung CPU octa-core dengan kecepatan hingga 2.05GHz, yang menggunakan core ARM Cortex-A76 dan A55 yang sama dengan prosesor andalan terbaru dari Qualcomm dan Huawei.

Chipset baru MediaTek ini juga mencakup GPU Mali G76 dengan kecepatan hingga 800MHz dan dukungan hingga RAM 10GB LPDDR4x.

G90 dan G90T adalah SoC pertama di jajaran G-Series yang berfokus pada game dari MediaTek.

Mereka memasukkan apa yang oleh perusahaan disebut teknologi “HyperEngine”, yang terdiri dari beberapa fitur yang dirancang untuk mendorong kinerja game-game di smartphone.

Chip mendukung HDR10, dan mereka juga memiliki mesin prediksi jaringan cerdas yang bisa mendeteksi ketika kualitas Wi-Fi menurun dan secara otomatis menggunakan koneksi LTE sebagai cadangan.

Chip ini juga menyertakan “mesin respons cepat” untuk membuat kontrol layar sentuh terasa lebih responsif.

Pengumuman MediaTek menunjukkan chip baru akan bertengger di smartphone yang berfokus pada game seperti Razer Phone 2 atau Asus ROG Phone 2.

Namun, ponsel gaming seperti itu cenderung menggunakan prosesor unggulan dari pembuat chip saingan Qualcomm di masa lalu, sementara chip MediaTek cenderung bersemayam di perangkat kelas menengah dan murah seperti handset dari Redmi atau Realme.

Dengan seri G90 baru, tidak diragukan lagi MediaTek berencana untuk merengkuh pasar game mobile.

Latest