Thursday, November 21, 2019
Home News Adira Insurance Beranjak Digital

Adira Insurance Beranjak Digital

-

Jakarta, Selular. ID – Perubahan perilaku masyarakat di era digital membuat Adira Insurance terus meningkatkan produk dan layanan berbasis tekonolgi dengan memberikan experience terbaik bagi pelanggan.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance menyampaikan bahwa Adira Insurance memandang teknologi digital merupakan hal penting untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Di industri asuransi, lanjut dia, perkembangan teknologi ini juga tidak terlepas dari keinginan masyarakat yang menginginkan layanan serba praktis. Masyarakat tidak ingin lagi terbebani dengan pengurusan klaim yang berbelit dan pendaftaran premi yang menyita waktu.

“Sekarang semuanya ingin praktis sehingga penggunaan teknologi sangat dibutuhkan,” kata Julian.

Adira Insurance melakukan transformasi layanan digital dari mulai hulu hingga hilir, yakni mulai dari informasi dan pembayaran produk, pengajuan klaim, hingga monitoring status pengerjaan klaim.

Sementara itu, Donni Gandamana, Chief Operation and IT Officer Adira Insurance, menammbahkan, Adira Insurance menyiapkan berbagai strategi seperti Autocillin Mobile Claim (AMC) yang tahun ini ada pengembangan untuk fitur Track Claim.

“Pelanggan dapat melihat sendiri status pengerjaan kendaraannya secara real time melalui aplikasi AMC. Jumlah pelanggan yang menggunakan fitur ini terus bertambah, ” jelasnya.

Tahun 2019, Adira Insurance sedang terus mengembangkan software untuk monitoring status pengerjaan unit kendaraan. Hingga saat ini, Adira Insurance telah melayani business partner untuk dapat melakukan monitoring status pengerjaan unit kendaraan.

Business partner dapat melihat secara langsung unit-unit yang sedang dalam pengerjaan klaim. Mereka akan mendapatkan dashboard yang tersambung ke aplikasi Monitoring Status Pengerjaan Klaim milik Adira Insurance. Masing-masing unit akan diketahui sudah sampai mana pengerjaannya secara real time. Ini menjadi keunggulan kami dibandingkan perusahaan lainnya,” sambung Donni.

Sepanjang tahun 2019 laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya, mencapai lebih dari 95% total klaim kendaraan bermotor roda 4, dengan seluruh proses laporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan bengkel rekanan Adira Insurance.

“Tiap tahun, usage customer AMC mengalami peningkatan. Tahun ini, mencapai 76% meningkat dibandingkan pertama kali AMC diluncurkan, 2016, sebesar 17%. Ini artinya AMC semakin diterima pelanggan,” ungkap Donni.

Terlepas dari sisi pelayanan, untuk mendukung infrastruktur ini, Adira Insurance senantiasa mengembangkan kualitas sumber daya manusia sebagai aset terpenting yang dimiliki. Guna meningkatkan produktivitas karyawan, Adira Insurance menerapkan program Working at Home (WAH).

“Dengan WAH, kami berupaya meningkatkan tingkat produktivitas karyawan, agar dapat memberikan layanan yang semakin prima kepada seluruh pelanggan dan business partner. Jadi karyawan dapat bekerja dimana saja,” kata Donni.

Per Mei 2019 disampaikan Donnie terjadi peningkatan produktivitas berkat adanya program ini, sebesar 16% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Untuk menunjang program WAH, Adira Insurance merancang ulang situasi tempat kerja dengan mengusung konsep coworking space. Sehingga karyawan dapat bekerja secara nyaman dan efektif.

“Memberikan experience terbaik kepada pelanggan, harus dihadapi dengan kesiapan perusahaan baik secara infrastruktur maupun SDM,” ujar Donni.

Latest