Sunday, July 21, 2019
Home Apps Pesan Singkat Mirip iMessage buatan Google Meluncur Bulan Depan

Pesan Singkat Mirip iMessage buatan Google Meluncur Bulan Depan

-

Jakarta, Selular.ID – Google dikabarkan tengah mengembangkan layanan pesan instan seperti yang ada pada iPhone. Layanan tersebut dinamakan Rich Communication Services (RCS).

Kehadiran RCS Chat sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa tahun terakhir. Namun tahun ini kabar kehadirannya kian santer.

Seperti dilaporkan Digital Trends, RCS Chat dijanjikan hadir di Android pada akhir bulan ini. Dan akan tersedia pertama-tama untuk pengguna di Inggris dan Perancis. RCS Chat juga akan disebar di negara lain dalam waktu yang belum ditentukan.

Layanan ini kurang lebih mirip dengan iMessage yang digunakan sebagai aplikasi perpesanan di ekosistem iOS.

RCS Chat akan menjadi revolusi baru dari layanan SMS di Android, yang tidak sekadar bisa mengirim teks, tapi juga mengirim file multimedia lain dengan ukuran yang lebih besar secara gratis.

RCS Chat rencananya akan tersedia secara default di semua perangkat Android yang memiliki RCS Universal Profile, tanpa bergantung pada Google atau operator penyedia layanan.

Meski mirip dengan iMessage, RCS Chat memiliki beberapa perbedaan, termasuk dengan layanan pesan instan lain. Pertama, pesan di RCS Chat tidak sepenuhnya terenkripsi.

RCS hadir dengan sejumlah fitur, seperti fitur tanda terima pesan seperti WhatsApp dan lampiran pesan berkualitas tinggi. Google menyebut nama RCS dipakai karena terkesan cukup ramah bagi pengguna

Sanaz Ahari, Management Director Android Messages mengungkapkan, bahwa pesan hanya akan terenkripsi saat transit dari pengguna ke operator atau Google.

Selebihnya, pesan akan terbuka, sehingga operator bisa saja mengintip isi pesannya. Mereka pun bisa saja memberikan isi pesan ke pemerintah jika diminta.

Namun, Google mengatakan akan menghapus pesan-pesan tersebut dari server mereka sesegera mungkin setelah pesan diterima. Google tidak menampik bahwa privasi menjadi kebutuhan saat ini, khususnya di layanan perpesanan.

Dikatakan Ahari RCS akan berada di perangkat ponsel bawaan Android seperti yang dilakukan Apple terhadap iMessage.

Google pun menambahkan jika pengguna ingin mengalihkan kartu SIM ke perangkat ponsel yang tidak mendukung layanan RCS, maka pengguna tidak bisa menerima pesan apapun.

Latest