Sunday, June 16, 2019
Home Smartphone Oppo dan Xiaomi Kembangkan Kamera di Bawah Layar

Oppo dan Xiaomi Kembangkan Kamera di Bawah Layar

-

Jakarta, Selular.ID – Oppo dan Xiaomi masing-masing menggunakan media sosial untuk menunjukkan prototipe teknologi kamera di bawah layar, yang menawarkan potensi untuk memenuhi janji semua layar smartphone.

Karena vendor telah mengecilkan ukuran bezel smartphone, mereka menghadapi tantangan mengenai di mana harus menempatkan kamera yang menghadap ke depan.

Takik adalah solusi pertama, yang semakin kecil menjadi berbentuk tetesan air mata, diikuti oleh kamera pop-up (yang menambah kerumitan pembuatan karena bagian yang bergerak) dan lubang-lubang di sudut layar.

Oppo pertama kali keluar dari gerbang dengan unit kamera di bawah layarnya. Vendor smartphone terbesar keempat di dunia itu, mengakui bahwa “kualitas optik saat ini pasti akan memiliki beberapa kerugian” jika dibandingkan dengan pendekatan lain. Namun dalam konteks teknologi baru, hal itu akan “dikembangkan demi kesempurnaan”.

Xiaomi mengikuti inovasi yang dilakukan Oppo. Vendor yang identik dengan harga murah itu, menyatakan pendekatan itu bisa menjadi “solusi utama untuk tampilan layar penuh berdampingan dengan kamera depan”.

Xiaomi juga menyarankan menggunakan layar,karena lensa yang memungkinkan lebih banyak cahaya untuk mencapai sensor, sehingga berdampak pada kualitas gambar yang lebih jelas dan lebih tajam.

Tentu saja ada sejumlah tantangan yang harus diatasi dengan kamera tampilan bawah, seperti kebutuhan layar untuk beralih dari transparan saat mengambil gambar menjadi bertindak sebagai tampilan di waktu lain. Cahaya antara layar aktif dan kamera juga bisa menjadi tantangan.

Selain Oppo dan Xiaomi, sejauh ini belum ada vendor lain yang berkomitmen bahwa penempatan kamera di bawah layar, akan masuk dalam perangkat komersial.

Latest