Sunday, October 20, 2019
Home News E-Commerce Masyarakat Indonesia Sangat Suka Mobile Window Shopping

Masyarakat Indonesia Sangat Suka Mobile Window Shopping

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Liftoff, ada sebuah tren baru yang mengejutkan, yaitu mobile window shopping yang melanda aplikasi belanja di Indonesia.

Laporan tersebut menyebitkan bahwa pengguna aplikasi cenderung terbuka dalam mengeksplorasi berbagai aplikasi belanja, dengan tingkat registrasi yang meningkat tajam. Namun demikian registrasi pada aplikasi belanja tersebut tidak langsung diikuti dengan transaksi pembelian.

Tingkat instalasi-hingga-pembelian (install-to-purchase rate) di Indonesia dalam laporan tersebut disebutkan hanya mencapai 9,9 persen, lebih rendah dari tingkat instalasi-hingga-pembelian sebesar 10,1 persen di kawasan Asia-Pasifik secara umum.

Selain itu, laporan Liftoff juga menemukan bahwa konsumen e-commerce di Indonesia biasanya memakan waktu yang lama untuk bergerak dari instalasi ke pembelian, dengan rata-rata waktu mencapai 1 hari, 19 jam, dan 31 menit.

Hal lain yang menjadi perhatian bagi pihak pemasar dan pengusaha ritel adalah tingkat retensi aplikasi belanja di Indonesia yang berada di posisi paling akhir dibandingkan dengan negaranegara lain di kawasan Asia-Pasifik, dengan tingkat retensi sebesar 11 persen pada Hari Ke-1 dan turun drastis menjadi  4 persen pada Hari Ke-7.

Alasan utama yang melatari penurunan yang drastis ini adalah rendahnya kurva pembelajaran (learning curve) konsumen, ketidaksabaran dalam memahami mekanisme penggunaan aplikasi, serta kegagalan dalam memahami nilai jangka panjang dari instalasi suatu aplikasi.

Latest