Thursday, November 21, 2019
Home News Market Update Juho Sarvikas Menjawab Soal Kemungkinan Nokia Ciptakan OS Sendiri

Juho Sarvikas Menjawab Soal Kemungkinan Nokia Ciptakan OS Sendiri

-

Jakarta, Selular.ID – Sejak memasuki ranah smartphone 2,5 tahun lalu, Nokia erat bekerja sama dengan Google. Bahkan, HMD Global memberikan pengalaman “Android Pure” melalui perangkat besutannya.

Tanpa menambahkan UI sendiri, perusahaan Finlandia itu menyematkan Android One dan Android Go ke semua jajaran Nokia, baik di segmen entry-level, mid-range, sampai premium.

Apakah HMD Global menyiapkan OS sendiri untuk smartphone Nokia ke depannya? Karena pada masa kejayaannya, Nokia pernah mempunyai Symbian OS yang cukup digemari.

Pada peluncuran Nokia 2.2 di Indonesia beberapa waktu lalu, Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas menjawab hal itu di Jakarta.

“Tidak. Tidak ada alasan untuk kami membuat OS sendiri,” tegas Juho.

Menurut Juho, OS Android mempunyai banyak benefit dengan semua layanan yang ada, contohnya Photos, dengan algoritma mesin pembelajaran AI ditambah koleksi sumber data Google, pengguna akan dengan mudah mengakses foto secara spesifik.

Juho memberi contoh, cukup ucapkan “Hai Google, perlihatkan foto-foto kucing,” maka layar smartphone pengguna akan dipenuhi foto kucing.

“(Jika kami) Mencoba untuk membangun akses sendiri seperti itu (Google Photos), skala kami tidak sampai. Tidak masuk akal,” papar Juho.

Kendati menyanggah membangun OS sendiri, tetapi Juho memastikan HMD Global akan terus berinvenstasi ke variabel lain seperti solusi audio, imaging experience, dan kualitas kerangka desain.

“Bekerja sama dengan yang terbaik di industri sambil investasi ke variabel lain yang bisa kami tawarkan, baik itu hardware maupun software,” imbuhnya.

Juho juga menyinggung soal Nokia punya Kai OS untuk feature phone. Walaupun ponsel basic, mereka sudah 3G bahkan 4G. Feature phone terus berevolusi dan berinovasi.

Apakah Nokia akan bergantung terus kepada Google?

“Kami melihatnya bukan ketergantungan, tetapi kemitraan. Dan kami tidak punya alasan untuk tidak melanjutkan (kemitraan),” pungkas Juho.

Latest